RUMAH SAKIT “JIH” BERBAGI KEBAHAGIAAN RAMADAN 1440H

  • 23 May 2019

Dalam rangka berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan Rumah Sakit “JIH” dan JIH Women Association (JIHWA) menyelenggarakan buka bersama dan menyerahkan tali kasih kepada anak-anak panti asuhan di Hotel Jayakarta Yogyakarta, Selasa , 21 mei 2019. Acara ini diikuti anak-anak dari Panti Asuhan Zuhriyah Yogyakarta.

Selain berbagi kebahagian dengan anak-anak Panti Asuhan Zuhriyah dalam bentuk buka puasa bersama , Rumah Sakit “JIH” juga memberikan tali asih. Acara kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, biasanya buka bersama dilakukan di Panti Asuhan tetapi kali ini sengaja mengundang mereka dan memberi fasilitas untuk merasakan buka puasa dengan nuansa dan suasanya yang berbeda.

Presiden Direktur ( Presdir) Rumah Sakit “JIH” dr. Mulyo hartana, Sp.PD menjelaskan bahwa Acara berbagi kebahagiaan dengan anak panti asuhan ini rutin dan konsisten dilaksanakan setiap tahun dan harapannya puasa di bulan Ramadan ini bisa diselesaikan dengan baik.


JIH BERANGKATKAN KARYAWAN UMROH YANG KE-6 KALINYA

  • 25 February 2019

Menjalankan Ibadah Umroh adalah impian setiap umat Muslim, tak terkecuali untuk Karyawan Rumah Sakit “JIH”. Dan sebagai salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi atas loyalitas dan kinerja baik dari Karyawannya, Manajemen Rumah Sakit “JIH” berkomitmen memberangkatkan karyawannya setiap tahununtuk melaksanakan ibadah Umroh ke Tanah Suci.

Pada hari Kamis, 21 Februari 2019 pukul 07.30 wib bertempat di Lobby Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta telah dilaksanakan pelepasan jamaah Umroh oleh HR and Legal Managersebagai perwakilan Manajemen Rumah Sakit “JIH”. Keberangkatan Ibadah Umroh kali ini merupakan yang ke-6 kalinya dengan memberangkatkan 15 orang karyawan terpilihnya.

Terlihatkebahagiaan dan rasa syukur dari jamaah Umroh ketika berkumpul untuk persiapan keberangkatan .“Program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasidan semangat karyawan, dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama Rumah Sakit“JIH”.Selamat menjalankan ibadah umroh untuk karyawan yang berangkat hari ini, semoga senantiasa diberikan kesehatan, perlindungandan diberi kelancaran dalam menjalankan ibadah.” ujar Indah Harwanti S.Sos selaku HR and Legal Manager.


Eksisi Kornea Untuk Donor Mata

  • 21 February 2019

Kornea merupakan lapisan terluar dari bola mata yang penting untuk dijaga. Kornea terdiri dari lapisan-lapisan yang berfungsi untuk merefleksikan cahaya yang masuk ke dalam bola mata agar cahaya dapat diteruskan ke saraf otak, melalui retina dan pupil, untuk mengoptimalkan proses penglihatan.

Jika ada kerusakan yang terjadi pada lapisan tersebut, dapat mengakibatkan kekeruhan pada kornea sehingga akan mengganggu penglihatan. Inilah alasan utama mengapa setiap orang harus menjaga kualitas kornea.

Keratoplasty atau cangkok kornea adalah tindakan operasi pada mata yang bertujuan mengganti kornea mata yang sudah rusak / tidak berfungsi dengan kornea baru (kornea donor). Proses cangkok kornea dilakukan dengan cara mengambil jaringan (eksisi kornea) dari orang yang telah meninggal dan sebelumnya telah mendaftarkan diri sebagai pendonor kornea tanpa paksaan apapun. Prosedur ini tentunya dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendonor meninggal dunia. Setelah kornea diambil, jaringan kornea akan dievaluasi untuk dipastikan tidak terkontaminasi infeksi. Selama proses evaluasi ini, kornea akan disimpan menggunakan pelarut khusus agar kornea dapat bertahan selama 14 hari dalam laboratorium bank mata.

Alhamdulillah pada tanggal 6 Februari 2019 di Rumah Sakit “JIH” telah berhasil dilakukan operasi eksisi (pengambilan kornea mata) oleh dr. Yunani Setyandrianna Sp.M bersama dengan salah satu dokter dari Rumah Sakit Mata Dr. YAP Yogyakarta. Pendonor adalah salah satu pasien RS “JIH” yang sudah mewasiatkan apabila beliau meninggal, beliau ingin mendonorkan matanya untuk orang yang membutuhkan. Apabila setelah dievaluasi terbukti bahwa kornea pendonor sehat, maka kornea dapat segera didonorkan.


Mengenal Rumah Sakit “JIH” Lebih Dekat Melalui Hospital Tour

  • 28 January 2019

Mengisi waktu liburan anak dengan mengajak bermain dan belajar, tentunya dapat memberikan pengalaman seru bagi sang buah hati untuk dapat mengenal dunia baru. Salah satunya adalah dengan yang dilakukan oleh Rumah Sakit “JIH” beberapa waktu lalu, Sabtu, 19 Januari 2019, yaitu mengadakan acara Hospital Tour yang mengajak sekitar 50 anak untuk berkeliling di lingkungan Rumah Sakit “JIH”. Peserta yang rata-rata berusia 2 sampai 8 tahun ini dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok mengunjungi beberapa tempat diantaranya adalah Poli Anak (Poli Gigi Anak dan Ruang Tumbuh Kembang Anak),

Ruang Medical Check Up, Laboratorium, Ambulance dan Mini Hospital. Diakhir tour, anak – anak diajak untuk mengenal hidup bersih dan sehat melalui talkshow yang diadakan di auditorium Rumah Sakit “JIH” lantai 5. Talkshow diisi oleh dr. Aninda Dian Anggraeni dengan tema “Kenali Hidup Bersih dan Sehat”. Materi yang dibawakan oleh dr. Aninda merupakan materi ringan seputar kehidupan sehari-hari pada anak, seperti mengenal 6 langkah cuci tangan yang baik, cara menggosok gigi yang benar, sehingga materi ini dapat dengan mudah diterima.

“Kegiatan ini saya kira sangat perlu diadakan rutin di Rumah Sakit “JIH”, karena selain memberikan pengalaman dan pengetahuan baru mengenai hal - hal yang ada didalam Rumah Sakit, anak– anak juga diajarkan untuk peduli terhadap kesehatan tubuh sejak dini”,ujar Kidung Ageng S.Kom, MSc, PMP selaku Marketing and Sales Manager saat ditemui disela acara.

Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize dan foto bersama dengan para peserta sebagai kenang-kenangan di momen yang tak terlupakan tersebut. Untuk informasi mengenai hospital tour lebih lanjut dan layanan kesehatan lainnya dapat menghubungi call center 24 Jam 0274 446 3535 atau melalui pesan singkat di 0811 292 3535 dan dapat mengunjungi website kami di www.rs-jih.co.id


MORULA IVF YOGYAKARTA DAN RUMAH SAKIT “JIH” SELENGGARAKAN SEMINAR KLINISI INFERTILITAS

  • 21 January 2019

Sejak dibukanya layanan baru Poliklinik Bayi Tabung Morula IVF Yogyakarta bekerjasama dengan Rumah Sakit “JIH” November 2018, respon masyarakat sampai saat ini sangat baik , hal ini dilihat dari terus bertambahnya pasien yang membutuhkan layanan pemeriksaan fertilitas dan merencanakan program kehamilan. Berdasarkan pertumbuhan pasien tersebut maka Morula IVF Yogyakarta terus memaksimalkan layanan dengan mengembangkan teknologi terbaru melalui Embryo Biotechnology dan Intrauyterine Inseminasi. Keunggulan teknologi ini adalah In Vitro Fertililization (IVF) tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan pasangan yang mempunyai keluhan dengan fertilitas tetapi juga sebagai perlindungan kesuburan bagi pasien.

Pembahasan mengenai teknologi terbaru ini akan dikupas dalam Seminar Klinisi dengan tema “Penatalaksanaan Infertilitas Terkini” dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten pada bidangnya, yaitu Prof. Dr. dr. M. Anwar, M.Med, Sc, Sp.OG(K); Prof Arief Boediono, PhD serta dr. Arie Polim, D Mas, M Bio HRep, Sp.OG(K). Seminar ini dilaksanakan minggu, 20 januari 2019 di Hotel Harper Yogyakarta dengan
mengandeng Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

“semakin bertambahanya pasien dengan keluhan fertilitas ini, penting bagi kami untuk terus memaksimalkan layanan dengan teknologi terbaru dari Morula IVF. Harapannya dengan diselenggarakannya seminar Klinisi ini dapat memberikan edukasi kepada dokter spesilias Obsgyn dan Ginekologi mengenai perkembangan teknologi terkini yang dapat membantu dan memenuhi kebutuhan pasien .” ujar dr. Mulyo Hartana Sp.PD pada saat dijumpai disela kesempatan.


BERIKAN APRESIASI BAGI PASIEN MELAHIRKAN DI HARI IBU

  • 26 December 2018

Memperingati Hari Ibu yang bertepatan pada Sabtu, 22 Desember 2018, Rumah Sakit “JIH” memperingati dengan membagikan bingkisan kepada pasien melahirkan pada tanggal tersebut.

Diberikan langsung oleh Febriana Endah Sari selaku Service Manager Management dan Yuli Astuti Setiasih ,S.ST, M.M.R sebagai Head of Inpatient Unit, kegiatan berlangsung lancar dengan berhasilnya memberikan 15 bingkisan kepada pasien melahirkan. Mulai dari bangsal Obsgyn, Camellia, Tulip hingga Aster, pembagian bingkisan dibagikan dengan merata.

Kegiatan ini sebagai cara untuk manajemen selalu dekat dengan pasien-pasien JIH dan mengutamakan service excellent bagi kenyamanan pasien dan keluarga yang mempercayakan pengobatan kepada JIH. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan semangat bagi para ibu membesarkan anak-anaknya sampai sukses dunia akhirat. Amin amin ya rabbal Alamin.


KESERUAN TOUR HOSPITAL SD PERCOBAAN 2 DI RUMAH SAKIT “JIH”

  • 18 December 2018

Kamis lalu (13/12) tepatnya pukul 8.30 pagi, ramai terlihat adik-adik dari SD Percobaan 2 yang bersiap di Lobby Utama untuk melakukan Tour Hospital di Rumah Sakit “JIH”. Kegiatan ini dimulai dengan pembagian kelompok dan berdoa terlebih dahulu. terdapat 5 kelompok dengan masing-masing terdiri dari 10 orang anak.

Terdapat 5 layanan yang dikunjung setiap kelompok secara bergantian, yaitu Poli Anak (Poli Gigi Anak dan Poli Tumbuh Kembang Anak), Laboratorium, Ruang MCU, Mini Hospital dan juga Ambulance. Antusisme adik-adik SD Percpbaan 2 terlihat pada saat masing-masing petugas JIH menjelaskan keunggulan dari layanan yang mereka kunjungi. Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan seiring dengan rasa
penasaran terhadap alat-alat yang digunakan pada masing-masing layanan.

Setelah semua kelompok berhasil mendatangi setiap layanan yang tersedia, adik-adik kemudian diarahkan ke auditorium lantai 5 untuk mendapatkan seminar singkat oleh dr. Aninda Dian Anggraeni yang menjelaskan mengenai pentingnya cuci tangan.

Kegiatan terakhir ini ternyata juga memperlihatkan antusiasme adik-adik untuk bertanya dan menceritakan pengalaman mereka selama melakukan tour hospital sembari mendapatkan materi dari dr. Anin. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama para petugas JIH, adik-adik SD Percobaan 2 serta guru-guru yang turut mendampingi.


MERAYAKAN MILAD KE 12 RUMAH SAKIT JIH ADAKAN BERBAGAI KEGIATAN

  • 26 November 2018

12 Rabiul Awal 1440 H/ 20 November 2018 Rumah Sakit “JIH” genap 12 tahun melayani masyarakat. Tema yang diusung dalam peringatan milad kali ini adalah Toward Modern Sharia Hospital For Better and Dedicated Services. Tema ini mengandungarti bahwa memasuki usianya yang ke-12, suatu usia yang relative masih muda untukukuran rumah sakit, “JIH” akan segera mewujudkan visinya sebagai rumah sakit rahmatan lil ‘alamin melalui komitmen pada layanan kesehatan bertaraf internasional berdasar ketentuan rumah sakit syariah. Dengan Membangun institusi syariah di bidang pelayanan kesehatan (Rumah Sakit “JIH”) untuk mengabdi dan mencari ridha Allah SWT.

Untuk mengisi tema tersebut, Rumah Sakit “JIH” telah menyiapkan rangkaian acaranya.Tepat pada 20 November 2018 lalu bertepatan dengan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, JIH merayakan hari jadinya yang ke 12 tahun. kegiatan berlangsung dihalaman rumah sakit meriah dan lancar, dihadiri oleh segenap jajaran manajemen dan direksi Rumah Sakit “JIH” serta Pengurus Badan Wakaf UII. Pada acara tersebut diberikan penghargaan pada : 3 karyawan teladan, 10 karyawan berdedikasi penuh 10 tahun, 15 karyawan dengan kesempatan umroh atas biaya rumah sakit. Disamping itu doorprize menarik untuk karyawan berupa satu sepeda motor, 3 sepeda gunung, televisi dan hadiah-hadiah lain untuk karyawan yang hadir.

Sebelumnya pada tanggal 16 November 2018 telah dilakukan soft launching pelayanan bayi tabung( invitro fertilization), yang merupakan kerjasama antara rumah sakit “JIH” dengan PT. Morula IVF Indonesia. Acara puncak diselenggarakan pada 23-25 November 2018 Rumah Sakit “JIH” dengan menggelar JIH Health Festival (JHF) yang diadakan di Atrium Plaza Ambarukmo Jl. Laksda Adisucipto No. 80. Acara ini dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan dan mengetahui pelayanan-pelayanan yang ada di rumah sakit “JIH”, merasakan sendiri pelayanannya tanpa harus melakukan kunjungan langsung ke rumah sakit. Rangkaian acara di JHF dikemas menarik yaitu : mempersembahkan JIH Talk dengan topik-topik menarik, diberikan langsung oleh para ahlinya dari rumah sakit “JIH”, Beberapa kompetisi yang berkaitan dengan kesehatan dan non kesehatan, pameran dan pelayanan langsung, serta tentu saja akan banyak hadiah dan hiburan yang menarik oleh artis nasional.

Salah satu acara yang sangat special di JIH Health Festival (JHF) ini adalah Grand Launching “JIH Healthy Life Center“ .Acara ini akan dilaksanakan pada malam minggu di Atrium Plaza Ambarukmo.“JIH Healthy Life Center“adalah Premium Wellness Center, suatu tempat yang diperuntukkan bagi pelanggan untuk melaksanan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kesehatan yang komprehensif dan berbeda dari medical check up biasa. “Semoga JIH Health Festival ini makin meningkatkan pemahaman masyarakat akan keberadaan Rumah Sakit “JIH”. Semoga memasuki usia ke 12, Rumah sakit “JIH” terus menerus mampu untuk meningkatkan mutu pelayanan yang berstandar internasional dan berlandaskan syariah untuk masyarakat, di bidang kesehatan” ujar dr. Mulyo Hartana Sp.PD, President Director Rumah Sakit “JIH” ketika ditemui langsung di Atrium Plaza Ambarukmo.


JIH BAGIKAN BINGKISAN KEPADA PASIEN RAWAT INAP MENJELANG MILAD KE-12

  • 20 November 2018

Menjelang MILAD ke-12 tahun, Rumah Sakit “JIH” melaksanakan program Patient Care dengan membagikan bingkisan berupa kue kepada pasien rawat inap pada hari Senin, 19 November 2018. Program ini merupakan program rutin dalam rangkaian acara MILAD JIH yang dilakukan setiap tahunnya.

Sebanyak 150 pasien rawat inap, pembagian bingkisan dilakukan secara merata oleh jajaran manajemen dan direksi Rumah Sakit “JIH”. Dengan adanya program ini, harapan kedepannya Rumah Sakit “JIH” dapat melayani masyarakat sesuai visi misi JIH.

Dalam rangkaian acara menjelang MILAD ke-12 tahun, JIH mengadakan berbagai lomba untuk karyawan dan seluruh outsource JIH yang terlibat, lomba-lomba tersebut adalah Lomba Menghias Sepeda, Photo on Work, Body Transformation dan banyak lagi yang akan diumumkan pada hari H MILAD JIH.

Kegiatan besar dari JIH yang akan adalah JIH Health Festival yang akan dilaksanakan pada 23-25 November 2018 di Atrium Plaza Ambarukmo. Yang akan dimeriahkan oleh Special Guest, Abdul and The Coffee Theory dan Zara Leola. Cari tahu lebih lanjut mengenai JHF di www.rs-jih.co.id/jhf atau hubungi 0811 292 3535.

Semoga dengan umur yang bertambah ini, Rumah Sakit “JIH” akan selalu memberikan layanan prima bagi masyarakat dan menjadi Rumah Sakit yang rahmatan lil alamin. Amin amin Ya Rabbal Alamin. Salam AMPUH JIH.


BUKA KLINIK BAYI TABUNG JIH KERJASAMA DENGAN MORULA IVF INDONESIA

  • 19 November 2018

Menjelang usia yang ke-12 tahun. Rumah Sakit “JIH” terus memaksimalkan layanan kesehatan untuk masyarakat khususnya kota Yogyakarta dan sekitarnya. Sebagai Rumah Sakit yaang mengedepankan pelayanan Ibu dan Anak maka “JIH” akan menyediakan layanan paripurna yaitu sejak pembuahan/ janin sampai dewasa. Saat ini ditengarai banyak pasangan suami istri yang belum mendapatkan keturunan karena mengalami masalah yang berkaitan denganfertilitas atau gangguan kesuburan sehingga menyebabkan sulit untuk mendapatkan anak.

Untuk membantu mengatasi masalah fertilitas ini yaitu Rumah Sakit “JIH” memberikan kabar baiknya, pada hari Jum’at, 16 November 2018 di poliklinik gedung A , telah dilakukan Soft Launching CeremonyKlinik
Bayi Tabung in-vitro-fertilitazion/IVF. Soft Launching ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Badan Wakaf UII, Jajaran Komisaris, Direksi, Dokter Spesialis dan Manajemen Rumah Sakit “JIH” serta Jajaran Direksi dan Manajemen Morula IVF Indonesia sebagai mitra Rumah Sakit “JIH”. Klinik Bayi Tabung in-vitro-fertilitazion/IVF ini dibuka atas kerjasama Rumah Sakit “JIH” dan Morula IVF Yogyakarta.

Morula IVF Yogyakarta merupakan cabang dari Morula IVF Indonesia yangmerupakan bagian dari Bundamedik Healthcare System yang fokus dalam pengembangan klinik fertilitas “Morula IVF” di Indonesia. Dalam pengembangan Bundamedik Healthcare System, pada tahun 1997 mendirikan Klinik Fertilitas Morula yang saat ini telah berganti nama menjadi Morula IVF Jakarta, telah menjadi salah satu klinik fertilitas terbesar di Indonesia dengan peningkatan pasien yang mengikuti program Bayi Tabung semakin bertambah setiap tahunnya dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 30% pertahun. President Director Rumah Sakit “JIH”, dr. Mulyo Hartana, Sp.PD mengharapkan dengan adanya layanan baru berupa Klinik Bayi Tabung in-vitro-fertilitazion/IVF keberadaannya dapat menjadi solusi dan membantu pasangan suami istri yang mendambakan keturunan semoga segera terwujud.


TAHAP PRA SURVEY SERTIFIKASI RUMAH SAKIT SYARIAH DI RUMAH SAKIT “JIH” BERJALAN LANCAR

  • 06 November 2018

Senin pagi (5/11) telah dilaksanakan tahap pra survey sertifikasi Rumah Sakit Syariah oleh MUKISI yang diwakili Miftachul Izah, SE, M.Kes dan Dr. Tri Ermin Fadlina, MMR sebagai Asesor Pra Survey. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari dr. Mulyo Hartana Sp.PD sebagai President Director RS “JIH” dan disusul dengan sambutan Ketua Tim Asesor yaitu Miftachul Izah, SE,M.Kes.

Ada dua tahapan yang dilakukan oleh Tim Asesor, yaitu telusur dokumen dan telusur implementasi. Tim Asesor menilai kelengkapan dokumen-dokumen yang dimiliki oleh masing-masing departemen apakah sudah sesuai dengan SOP maupun implementasinya.

Telusur dokumen dilakukan di Auditorium lantai 5 Rumah Sakit “JIH” yang diikuti oleh semua unit layanan, sedangkan telusur implementasi, Tim Asesor langsung mendatangi unit layanan terkait untuk melihat kecocokan data implementasinya

Kegiatan ditutup dengan evaluasi dari dari Tim Asesor mengenai temuan-temuan pada saat melakukan telusur dokumen dan telusur implementasi. Semoga,dengan adanya tahap pra survey sertifikasi Rumah Sakit Syariah ini dapat membantu mewujudkan Rumah Sakit “JIH” menuju ke rumah sakit berstandar syariah sesuai visi dan misinya, yaitu tercapainya JIH menjadi institusi syariahdibidinga layanan kesehatan.


JIH PERINGATI BULAN KANKER PAYUDARA SEDUNIA

  • 22 October 2018

Memperingati bulan Kanker Payudara Sedunia, Rumah Sakit “JIH” mengadakan Seminar Kesehatan dengan tema Breast Cancer Awareness yang dibawakan oleh dr. Shinta Vembriana Pamuji Sp.B FINACS. Pada Sabtu (20/10) sore, pukul 15.00 WIB kegiatan dimulai dengan testimony dari salah satu survivor kanker payudara dari komunitas Love Pink Yogyakarta. Setelah penyampaian testimony, JIH memberikan santunan sebesar Rp. 5.000.000,- kepada Komunitas Love Pink Yogyakarta sebagai bentuk dukungan kepada para survivor yang sekarang sedang berjuang.

Kegiatan dilanjutkan dengan seminar kesehatan dengan judul Deteksi Dini Kanker Payudara yang dibawaka oleh dr. Shinta Vembriana Pamuji Sp.B FINACS. Dengan baju bernuansa pink dr. Shinta Vembriana Sp.B FINACS menyampaikan materi dengan penuh semangat kepada para peserta. Diakhir materi dr. Shinta Vembriana Sp.B FINACS mempraktekan gerakan SADARI kepada seluruh peserta, agar selalu aware terhadap kondisi payudara.

Tidak sampai disitu, seminar yang menggunakan nuansa pink sebagai dresscodenya ini juga membagikan doorprize kepada para peserta untuk memberikan semangat diakhir acara. kegiatan terakhir yaitu peserta berfoto bersama sebagai bentuk kenang-kenangan dalam kegiatan ini.

Semoga dengan adanya kegiatan seminar kesehatan ini dapat menjadi bekal bagi para wanita agar selalu aware pada kesehatan pribadi dan memberikan dukungan bagi survivor kanker payudara diluar sana yang sedang berjuang.


MEDICAL CHECK UP “JIH” PADA EVENT HALAL FEST 2018

  • 12 October 2018

Kamis pagi (11/10) terlihat antrian panjang dalam pemeriksaan sebuah pameran pada stand Rumah Sakit “JIH”. Kegiatan ini dalam rangka event Halal Fest yang diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut mulai dari Kamis, 11 Oktober hingga Minggu, 14 Oktober 2018. Diikuti oleh kurang lebih 100 partisipan, mulai dari kuliner, fashion, hingga instansi rumah sakit.

Rumah Sakit “JIH” dalam event Halal Fest 2018 ini mempersembahkan layanan mini medical check up secara Cuma-Cuma langsung pada stand. Dan juga menyediakan potongan harga untuk vaksin Influenza dan Paket HLC Umroh yang bisa didapatka hanya di Rumah Sakit “JIH”. Selain itu turut melayani pijat bayi secara gratis yang dilakukan oleh fisioterapi Rumah Sakit “JIH” langsung pada stand.

Banyak manfaat pada pijat bayi yang dilakukan fisioterapi “JIH”, salah satunya merelaksasi tubuh pada bayi agar terhindar dari flu, batuk dan penyakit lainnya yang membuat bayi tidak nyaman.

Stand Rumah Sakit “JIH” masih dapat dijumpai selama event berlangsung hingga Minggu, 14 Oktober 2018. Jadi tunggu apalagi, periksakan kesehatan Anda dan anak Anda pada stand Rumah Sakit “JIH” dalam kegiatan Halal Fest 2018 di Jogja Expo Center.


JIH & JIHWA BANGKITKAN SEMANGAT PALU-DONGGALA BERIKAN BANTUAN BERUPA OBAT-OBATAN DAN SELIMUT

  • 08 October 2018

Sepekan ini Ibu Pertiwi kembali berduka. Salah satu daerah di wilayah NKRI sedang mengalami musibah bencana alam. Palu dan Donggala merupakan daerah yang saat ini sedang di uji oleh Allah SWT dengan cobaan gempa dan tsunami. Banyak saudara-saudara kita disana yang membutuhkan uluran tangan dan semangat dari segenap warga Indonesia dari seluruh penjuru daerah.

Oleh karena itu, dengan langkah nyata RS “JIH” dan JIHWA bekerjasama dengan ACT FK UII menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara kita yang berada di Palu dan Donggala. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Service Management Manager RS JIH, Febriana Endah Sari AM.d. penyerahan bantuan diberikan kepada pihak ACT FK UII yang diwakili oleh Wakil Dekan Sumber Daya dan Wakil Dekan Kemahasiswaan.

Bantuan kloter 1 ini langsung di bawa ke Palu dan Donggala pada Jumat siang (5/10), yang dilepas langsung oleh rektor UII selesai Sholat Jumat.

“turut berduka cita atas apa yang terjadi pada saudara-sudara kita yang berada di Palu dan Donggala, semoga dengan adanya bantuan dari saudara-sudara yang lain mampu membangkitkan kembali semangat hidup para korban terdampak gempa dan tsunami, serta keluarga yang ditinggalkan dapat menerima dengan lapang dada.” Ujar Febriana Endah Sari AM.d selaku Service Management Manager RS JIH saat ditemui di UII beberapa waktu lalu.


PRESTASI JIH DALAM MELAYANI KEBUTUHAN MASYARAKAT

  • 27 September 2018

Dalam rangka merayakan 10thAnniversary Inhealth Insurance Region DIY-Jateng, Rumah Sakit “JIH” diundang sebagai tamu undangan diacara yang diadakan di Susan Spa and Resort, Bandungan, Semarang, Sabtu lalu (22/09). Kegiatan berlangsung seru karena dimeriahkan oleh peragaan Zumba yang diikuti oleh seluruh peserta undangan. Peserta undangan terdiri dari rekanan rumah sakit, klinik, dokter keluarga dan perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan Inhealth Region DIY-Jateng.

Pada akhir acara, terdapat kegiatan berupa pemberian penghargaan bagi rekanan Inhealth Region DIY-Jateng. Rumah Sakit “JIH” keluar sebagai Pemenang Terbaik II dengan kategori Provider Rumah Sakit Dalam Komitmen dan Pelayanan Peserta Tingkat Kantor Operasional level Nasional.

Selain sebagai tamu undangan, Rumah Sakit “JIH” juga dipercaya sebagai tim medis dalam acara 10th Anniversary dan Gathering Provider Inhealth Region DIY-Jateng. Rumah Sakit “JIH” akan senantiasa berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para rekanan dan pada masyarakat luas.


MINI TOUR HOSPITAL KALYCA MONTESORRI SCHOOL KE RUMAH SAKIT “JIH”

  • 20 September 2018

Dalam rangka pembelajaran pada anak mengenai kesehatan, maka JIH berkerjasama dengan Kalyca Montesorri School mengadakan Mini Tour Hospital bersama adik-adik dari Kalyca Montesorri School pada Selasa, 18 September 2018. Mini Tour ini bertujuan untuk membagikan pengalaman kepada adik-adik mengenal dunia kesehatan.

Ada beberapa spot yang dikunjungi oleh adik-adik Kalyca Montesorri School, yaitu Poli Ibu dan Anak yang mencakup Poli Gigi Anak dan Poli Tumbuh Kembang Anak. kemudian berpindah ke ruang Medical Check Up, memperkenalkan anak pentingnya memeriksakan kesehatan sejak dini. Anak-anak juga diajarkan menjadi dokter kecil dengan memperkenalkan mereka alat-alat dan cara seorang dokter memeriksa pasien.

Setelah asik dengan perkenalanterhadap aktifitas rumah sakit, adik-adik Kalyca Montesorri School diajak mendengarkan mini talkshow mengenai hidup bersih dan sehat yang dibawakan oleh dr. Dewi Darumas. Pada mini talkshow yang dibawakan oleh dr. Dewi Darumas tersebut mempraktekan cara mencuci tangan yang benar.

Acara ditutup dengan pembagian stiker dan foto bersama dengan adik-adik dari Kalyca Montesorri School.


TALK SHOW DAN MINI MEDICAL CHECK UP BERSAMA POLANTAS RESORT SLEMAN

  • 31 August 2018

Sebagai Polisi Lalu Lintas ( Polantas) yang harus siap siaga selama 24 jam, kondisi fisik yang sehat dan bugar sangat mendukung kelancaran selama bertugas . Selain fisik yang sehat Polantas juga harus memahami cara pertolongan pertama pada korban saat terjadi kecelakaan lalu lintas sehingga korban dapat tertangani dengan baik sebelum tim medis datang atau pada saat dirujuk ke rumah sakit.

Dengan latar belakang tersebut, Rumah Sakit “JIH” bekerjasama dengan Polres Sleman mengadakan Talk Show dan Mini Medical Check Up bersama Polantas Resort Sleman. Pada Senin dan Selasa (20-21/8) kegiatan ini sukses diselenggarakan oleh Rumah Sakit “JIH” dengan mengangkat tema Pertolongan Pertama pada Korban Kecelakanaan dan Manajemen Emosi dalam Pekerjaan. Pemeriksaan mini Medical Check Up terdiri dari pemeriksaan cek gula darah, asam urat, kolestrol dan skrining Body Composition Analizer serta dapat berkonsultasi langsung dengan dokter umum terkait hasil pemeriksaan Medical Check Up tersebut.

Narasumber Talk Show adalah dokter dan psikolog Rumah Sakit “JIH” yang berkompeten dalam bidangnya. Terlihat antusiasme peserta talkshow ketika narasumber menjelaskan dan mempraktekan cara yang baik dan benar dalam memberikan pertolongan pertama pada korban saat terjadi kecelakaan lalu lintas serta kesadaran tentang pentingnya check up kesehatan secara rutin untuk mendukung kebugaran selama bertugas.

“kegiatan ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk menambah pengalaman Polantas tentang penanganan pertama secara medis untuk korban kecelakaan, dan kegiatan ini akan kami selenggarakan secara rutin sebagai awareness. Target tidak hanya untuk Polantas Resort Sleman saja tetapi seluruh DIY” ujar Kidung Ageng S.Kom, MSc, PMP selaku Marketing & Sales Manager Rumah Sakit “JIH”.


JIH PEDULI GEMPA LOMBOK

  • 30 August 2018

Masih dalam suasana berduka bagi saudara-saudara kita yang mengalami musibah gempa di Lombok. Seperti yang kita ketahui, bahwasanya gempa telah mengguncang Lombok d n merenggut korban meninggal lebih dari 500 jiwa dan sampai saat ini masih terjadi beberapa gempa susulan sehingga menimbulkan trauma bagi warga Lombok . Selain itu banyak warga yang kehilangan harta bendanya.

Rumah Sakit “JIH” beserta JIHWA peduli terhadap korban gempa Lombok dengan memberikan bantuan berupa genset, terpal, selimut, peralatan rumah tangga dll dengan harapan dapat sedikit membantu warga Lombok yang saat ini masuk dalam fase pemulihan. Pada Rabu, 29 Agustus 2018 bantuan disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, diserahkan langsung oleh President Director Rumah Sakit “JIH” dan diterima oleh Bapak Fathul Wahid S.T, MSc, Ph.D selaku Rektor UII. Saat ini tim medis dan relawan dari FK UII masih terjun langsung dilapangan untuk membantu proses pemulihan korban gempa di Lombok.

“Harapannya sedikit bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah di Lombok, dan kembali semangat dalam menjalani proses pemulihan terutama trauma masyarakat pasca gempa” ujar dr. Mulyo Hartana Sp.PD selaku President Director Rumah Sakit “JIH”


BERITA DUKA; BERPULANGNYA dr. Rawan Broto Sp.PD -KR

  • 23 August 2018

Innalilhi wa inailahirojiun. Jajaran Direksi dan Manajemen Rumah Sakit “JIH” turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya dokter tercinta kami, yaitu dr. Rawan Broto Sp.PD-KR pada Selasa, 21 Agustus 2018 pukul 22.56 WIB.

Semoga amal ibadah beliau dapat diterima disisiNya, dihapuskan seluruh dosa-dosa dan keluarga yang ditinggalkan dapat berlapang dada atas kepergian beliau. Amin Ya Rabbal Alamin.

Dengan demikian, kami akan meng-update informasi mengenai jadwal praktek dan profil dr. Rawan Broto Sp.PD-KR di Rumah Sakit “JIH” disemua informasi.


Pengundian Pemenang Pregnancy Club Tahap 2

  • 07 August 2018

Selamat bagi para pemenang undian bulanan berhadiah voucher melahirkan sebesar 1 juta rupiah dari Pregnancy Club Rumah Sakit “JIH” periode Juli 2018! Berikut nama-nama pemenangnya :

1. Citra Septima Rizky

2. Tin Ryoko

Tunjukkan KTP asli di bagian marketing Rumah Sakit “JIH” saat jam kerja untuk pengambilan hadiah. Ketetapan pemenang ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Voucher hadiah hanya berlaku untuk nama pemenang, tidak dapat diuangkan serta tidak dapat dipindahtangankan.

Bagi yang belum beruntung, jangan khawatir karena masih ada undian selanjutnya bulan depan! Yuk, bergabung di Pregnancy Club Rumah Sakit JIH dan dapatkan beragam keuntungannya! Kunjungi www.rs-jih.co.id/pregnancy-club ya


JIH ADAKAN KHITAN BERSAMA

  • 04 July 2018

Khitan Bersama yang sukses terselenggara pada Sabtu, 30 Juni 2018. Melibatkan 20 orang berasal dari keluarga karyawan dan outsource Rumah Sakit “JIH”. Khitan Bersama ini bekerjasama dengan Takmir Masjid Rumah Sakit “JIH” yang diselenggarakan bertepatan dengan libur sekolah, hal tersebut kami upayakan agar proses pemulihan pasca khitan menjadi lebih panjang dan nyaman.

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama umat manusia, dengan memberikan fasilitas khitan bersama secara gratis yang dikerjakan oleh perawat yang berkompeten . Khitan Bersama dimulai pada pukul 7 pagi hingga 12 siang. Proses khitan pun dibagi menjadi dua grup, grup pertama terdiri dari 10 orang anak dimulai pada pukul 9 pagi, dan grup selanjutnya dimulai pada pukul 11 siang. Khitan ini bersifat one day care yang artinya setelah dilakukan khitan, anak dapat langsung pulang dan bisa berjalan seperti biasa.

Diakhir khitan, anak akan diberikan bingkisan berupa tas sekolah dan alat tulis, hal ini sebagai penyemangat anak ketika memasuki musim sekolah yang akan datang. Bingkisan diberikan oleh Pembina Takmir Masjid RS JIH dan jajaran direksi Rumah Sakit “JIH”. Kegiatan Khitan Bersama ini merupakan program CSR yang ke 4 kalinya, yang dilakukan setelah melalui puasa 1 bulan lamanya. Dan semoga selalu dapat memberikan fasilitas perduli sesama pada tahun-tahun berikutnya.


HALAL BI HALAL BERSAMA WARGA GORONGAN DAN LELES

  • 03 July 2018

Minal Aidzin Wal Faidzin, saatnya berjabat tangan dan saling memaafkan satu dan yang lain. Dalam rangka masih pada suasana bulan syawal, Rumah Sakit “JIH” mengadakan kegiatan halal bi halal dengan warga Gorongan dan Leles, Desa Condongcatur. Acara ini rutin diselenggrakan setiap tahunnya, demi mempererat tali silahturahim antar sesama umat beragama.

Diawali dengan makan bersama di Auditorium Rumah Sakit “JIH” dan dihadiri pula oleh jajaran manager Rumah Sakit “JIH” serta diisi tausiah oleh Ustd. Dr.dr. Zaenal M Sofro AIFM, Sport, Circl&Med. Dengan tema kegiatan dan tausiah “Indahnya Silahturahmi dan Saling Memaafkan” kegiatan yang dihadiri oleh 160 warga Gorongan dan Leles, desa Condongcatur ini diakhiri dengan pembagian doorprize bagi 10 orang yang beruntung.

Halal bi halal bersama warga Gorongan dan Leles, desa Condongcatur ini disielenggrakan pada Jumat, 29 Juni 2018. Kegiatan diakhiri dengan saling berjabat tangan antara warga dan jajaran manajemen Rumah Sakit “JIH”. dan alat tulis, hal ini sebagai penyemangat anak ketika memasuki musim sekolah yang akan datang. Bingkisan diberikan oleh Pembina Takmir Masjid RS JIH dan jajaran direksi Rumah Sakit “JIH”. Kegiatan Khitan Bersama ini merupakan

program CSR yang ke 4 kalinya, yang dilakukan setelah melalui puasa 1 bulan lamanya. Dan semoga selalu dapat memberikan fasilitas perduli sesama pada tahun-tahun berikutnya.


LAYANAN JIH-HOMECARE BAGI PASIEN PASKA RAWAT INAP

  • 12 June 2018

Setelah pulang dari rawat inap untuk perawatan sakitnya, beberapa pasien masih harus mendapatkan perawatan dan pelayanan medis dirumah. Perawatan dirumah ini kadang2 tidak bisa dilakukan sendiri oleh keluarga pasien maupun pramurukti yang menjaga pasien dirumah. Kasus2 ini sering terjadi misalnya pada pasien pasca stroke, penderita lansia, dan lain-lain pasien dengan kebutuhan perawatan medis dirumah. Belum banyak lembaga yang menyediakan layanan medis dirumah pasien (home care), secara lengkap, serta sesuai standar dan kaidah kedokteran. Menyadari kebutuhan tersebut, serta untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan, maka Rumah Sakit “JIH” mempersembahkan layanan baru yaitu JIH-Home Care. Berbeda dengan pelayanan home care yang lain, kami akan mempersembahkan layanan yang komprehensif, dengan tenaga yang terlatih, peralatan berstandar tinggi, premium serta berbasiskan pelayanan yang syariah, dengan biaya yang terjangkau.

Kriteria-kriteria dari layanan homecare itu sendiri adalah pasien dengan penyakit degenerative seperti stroke, diabetes dan hipertensi; pasien post kecelakaan; pasien post melahirkan; pasien dengan luka bakar;
pasien yang memerlukan pemasangan kateter; dan lain-lainnya. Kriteria tersebut ditentukan setelah dilakukan penilaian dokter yang ada dalam TIM Home care kami, berdasarkan kebutuhan perawatan penyakit yang memerlukan perawatan lanjutan diumah.

Dengan pelayanan JIH-HOMECARE selain mendapatkan pelayanan yang terstandar secara medis, pasien dan keluarganya tidak kehilangan waktu karena harus berkunjung kerumah sakit, dan menghindari kebutuhan transportasi khusus bagi pasien. Quality of Life (QOL) atau kualitas hidup pasien, diharapkan akan baik. Layanan JIH-HOMECARE ini terdiri dari beberapa petugas medis yang mumpuni dibidangnya, sedemikian rupa sehingga tercapai layanan yang prima. Tim tersebut terdiri dari dokter umum, perawat, driver, serta tenaga pendukung lainnya sesuai kebutuhan (ahli gizi, fisioterapis, dll sesuai kebutuhan pasien). Tim tersebut didukung pula dengan kelengkapan alat medis, alat kesehatan, dan transportasi berupa mobil. Jenis-jenis pelayanan JIH-HOMECARE yang dapat kami layani antara lain: pemeriksaan dokter, pemasangan NGT, pemasangan sonde, perawatan luka, dll.

Layanan JIH-HOMECARE ini dapat melayani pasien paska rawat inap dan akan beroperasi setiap hari kerja Senin-Sabtu pukul 08.00-16.00 wib dengan durasi dan frequensi kunjungan sesuai kebutuhan
pasien. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan JIH-HOMECARE, dapat menghubungi call center 24 Jam di 0274 446 3535 ext.1 dan whatsapp Layanan Pelanggan di 0811 282 3535, serta Anda dapat mengunjungi website JIH-Homecare di www.rs-jih.co.id/homecare


PENYEMPURNAAN SISTEM ANTRIAN DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT “JIH”

  • 07 June 2018

Sebagai bagian dari sistem pendaftaran pasien di poliklinik, maka sistem antrian menempati posisi yang krusial dan sangat penting. Sistim pendaftaran pasien poliklinik mempunyai 4 (empat) kanal atau saluran, yang diharapkan akan memudahkan akses pasien mendaftar atau melakukan perjanjian periksa (appointment). Keempat kanal tersebut meliputi : datang langsung ke rumah sakit, lewat telpon ke call center, lewat what’s app dan bisa lewat aplikasi pendaftaran menggunakan smartphone. Setelah melakukan appoinment dan pendaftaran lewat salah satu dari keempat kanal tersebut, pasien akan mendapatkan nomor antrian untuk periksa di poliklinik atau dokter yang diinginkan. Pada titik ini sering terjadi persoalan. Data yang ada menunjukkan bahwa banyak pasien dengan nomor antrian yang kecil untuk periksa lebih dahulu malahan sering terlambat datang. Kepastian periksa berdasarkan nomor antrian untuk melakukan konsultasi dengan dokter di poliklinik sangat penting bagi kenyamanan pasien. Oleh karena itu Rumah Sakit “JIH” untuk meningkatkan mutu layanan salah satunya adalah melakukan evaluasi terhadap sistem antrian rawat jalan di poliklinik.

Sistim Antrian yang ada saat ini pasien yang datang terlambat atau pada saat dipanggil lebih dari 3x tidak berada ditempat , akan dilompati dua pasien atau 2 nomor antrian setelah pasien yang terlambat tersebut melapor ke perawat di nurse station. Peraturan yang berlaku saat ini dirasakan kurang tepat dan kurang mendidik disiplin . Bagi pasien yang disiplin dan tepat waktu aturan ini dirasa kurang memberi rasa keadilan.

Berdasarkan evaluasi tersebut maka Rumah Sakit “JIH” per 1 Juli 2018 akan memberlakukan penyempurnaan sistem antrian yaitu bagi pasien yang datang terlambat atau pada saat dipanggil lebih dari 3 kali tidak berada ditempat maka akan dilompati minimal 5 pasien atau 5 nomor antrian. Sistim ini akan diatur oleh komputer sehingga terjadi kepastian. Untuk itu kami perlu lakukan sosialisasi yang cukup, terlebih dahulu.

Tujuan dari perubahan untuk menyempurnakan sistem antrian ini adalah agar supaya pasien dapat datang tepat waktu saat melakukan konsultasi dengan dokter, sehingga menciptakan kenyamanan pada saat proses pemeriksaan dan pelayanan lainnya di rumah sakit “JIH” Perubahan untuk penyempurnaan sistem antrian ini mudah-mudahan dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat luas. Apabila memerlukan informasi atau penjelasan lebih lanjut silahkan menghubungi call center 24 Jam Rumah Sakit “JIH” di 0274 446 3535 ext.1 atau WhatsApp di nomor Layanan Pelanggan di 0811 282 3535.


SANTUNAN JIH UNTUK PANTI ASUHAN SINAR MELATI SLEMAN DENGAN NOBAR FILM ANAK RELIGI ANAK

  • 06 June 2018

Dalam menyambut bulan Ramadhan Rumah Sakit “JIH” mempunyai rangkaian program acara. Diantaranya adalah Ngaji Sehat on Facebook yang ditayangkan secara live di facebook Tribun Jogja mulai tanggal 17 mei s/d 12 juni 2018 pukul 17:00-17:30 wib yang mengangkat tema berbeda-beda dan menarik setiap harinya dengan narasumber Dokter Spesiais Rumah sakit “JIH”. Pengajian Nuzulul Qur’an dibarengi dengan diadakannya Pasar Murah yang diselenggarakan oleh ibu-ibu JIHWA ( JIH Women Assosiations) di masjid Rumah Sakit “JIH” pada senin, 04 Juni 2018.

Disamping itu pada setiap Ramadhan Rumah Sakit “JIH” rutin memberikan santunan untuk panti asuhan sebagai ajang silahturahmi dan berbagi. Pemberian santuan kali ini berbeda dengan biasanya karena selain memberikan bantuan untuk Panti Asuhan, Rumah Sakit JIH juga memberikan edukasi kepada anak-anak panti asuhan melalui acara nonton bareng (NoBar) film religi anak. Kegiatan nonton bareng dan pemberian santunan yang diadakan Selasa, 5 Juni 2018 pukul 12:00-15:00 wib di ini dihadiri oleh 100 anak Panti Asuhan Sinar Melati Sleman. Acara ini diselenggarakan di Cinema XXI Ambarukmo Plaza Yogyakarta.

Film yang diputar bertema religi anak dan Ilmu Pengetahuan berjudul IQRO: Petualangan Meraih Bintang , mengisahkan tentang seorang anak bernama Aqilla, dengan ke-ambisius-an menjadi astronot untuk melihat berbagai macam benda langit diluar angkasa. Sehingga kesukaan Aqilla terhadap pengetahuan tentang luar angkasa mengantarkannya kepada pengalaman mempelajari Al-Quran yang juga berhubungan dengan alam semesta.

“Filmnya sangat cocok pada moment Ramadhan kali ini, oleh karena itu kita memilih film bertema Islami yang dibumbui dengan Ilmu Pengetahuan. Harapannya anak-anak Panti Asuhan Sinar Melati terhibur dan termotifasi untuk memiliki mimpi yang besar dengan tidak melupakan Al Quran” ucap Direktur Utama RS JIH, dr. Mulya Hartana Sp.PD saat ditemui dibeberapa kesempatan.

Selain nonton bareng, kegiatan lainnya berupa pemberian santunan kepada pihak Panti Asuhan Sinar Melati yang diberikan langsung oleh jajaran direksi Rumah Sakit “JIH” serta memberikan santunan dan bingkisan kepada masing-masing anak Panti Asuhan. Hal ini diupayakan oleh Rumah Sakit “JIH” agar generasi bangsa memiliki impian yang besar dibarengi dengan usaha yang besar pula, dimulai dari pribadi yang senang berbagi kepada sesama.


JIH KEMBALI ADAKAN NGAJI SEHAT ON FACEBOOK SECARA LIVE

  • 22 May 2018

Tidak terasa sudah memasuki puasa ke 6 di bulan Ramadhan kali ini. seperti tahun-tahun sebelumnya, RS JIH kembali mengadakan Ngaji Sehat On Facebook bekerjasama dengan Tribun Jogja. Kegiatan ini berupa talkshow kesehatan yang diseimbangkan dengan kaidah-kaidah islami yang akan dibawakan oleh dr. Bambang Hasta Yoga LB Sp.KJ. Tidak ketinggalan pula sejumlah narasumber yang akan memberikan sajian kesehatan menjelang berbuka puasa.

Ngaji Sehat On Facebook dapat disaksikan secara langsung melalui akun Facebook Tribun Jogja Fanspage. Jadwal dan tema dapat dilihat dibawah ini.

1. Hapsari Fakih S.Psi, M.A, Psi Tips Mengajarkan Anak Puasa (Kamis, 17 Mei 2018)

2. drg. Ratih Lucia Fahlevy NAFAS TETAP SEGAR SAAT PUASA (Jumat, 18 Mei 2019)

3. dr. Moch. Khalimur Rouf, Sp.PD PUASA BAGI PENDERITA DIABETES (Sabtu, 18 Mei 2018)

4. dr. Nurlaili, Sp.A KIAT PUASA SEHAT PADA ANAK (Senin, 21 Mei 2018)

5. dr. Intan Titisari Sp.OG MENYUSUI SAAT PUASA? BEGINI TIPSNYA (Selasa, 22 Mei 2018)

6. dr. Dwi Erike S.Sp.THT-KL.,M.Kes NYERI MENELAN SAAT PUASA? INTIP SOLUSINYA (Rabu, 23 Mei 2018)

7. dr. Airin Angelina Sp.S CEGAH PUSING SAAT PUASA (Kamis, 24 Mei 2018)

8. dr. Harizah Umri, Sp.Ak MANFAAT AKUPUNTUR BAGI METABOLISME TUBUH (Jumat, 25 Mei 2018)

9. dr. Herlina Pohan M.Sc Sp.KJ PENGARUH PUASA TERHADAP KESEHATAN JIWA (Sabtu, 26 Mei 2018)

10. dr Nurul Huda, Sp.OT PENTINGNYA KALSIUM SAAT PUASA (Senin, 28 Mei 2018)

11. dr. Muh Ikhwan Zein, Sp.KO TIPS EXERCISE SINGKAT SELAMA PUASA (Selasa, 29 Mei 2018)

12. drg. Mirza Mangku Anom MENJAGA KESEHATAN GIGI & MULUT SAAT PUASA (Rabu, 30 Mei 2018)

13. dr. Karina Sasti, Sp.PD PENDERITA MAAG, SIMAK TIPS SELAMA BERPUASA (Kamis, 31 Mei 2018)

14. dr. Probosuseno, Sp.PD-KGer(K) PUASA PADA GERIATRI (Jumat, 1 Juni 2018)

15. dr. Muh Nurhadi RachmanSp.OG BOLEHKAH IBU HAMIL BERPUASA (Sabtu, 2 Juni 2018)

16. dr. Mitta Prana, Sp.OG IBU HAMIL, SIMAK TIPS AMAN SAAT MUDIK (Senin, 4 Juni 2018)

17. dr. Diana Septiyanti Sp.P PUASA BAGI PASIEN RUTIN DENGAN OBAT (Selasa, 5 Juni 2018)

18. drg. Arya Adiningrat Ph.D BOLEHKAH SCALLING GIGI SAAT PUASA (Rabu, 6 Juni 2018)

19. Analisa Widyaningrum,M.Psi.Psi EMOSI SAAT PUASA, BAGAIMANA MENANGKALNYA (Kamis, 7 Juni 2018)

20. dr. Deshinta Putri MulyaMSc,SP.PD-KAI CEGAH ALERGI MAKANAN SAAT BERBUKA PUASA (Jumat, 8 Juni 2018)

21. dr. Agung Triono Sp.A (K) PENGARUH PUASA TERHADAP OTAK ANAK (Sabtu, 9 Juni 2018)

22. Yeni Prawiningdyah, SKM.,Mkes TETAP SEHAT MENGHADAPI MENU HARI RAYA (Senin, 11 Juni 2018)

23. dr. Betty Ekawati S. Sp.KK WAJAH SEGAR SIAP SAMBUT HARI RAYA (Selasa, 12 Juni 2018)

Ngaji Sehat On Facebook dimulai pada pukul 17.00-17.30 WIB, sembari menunggu berbuka puasa Anda dapat mengajukan pertanyaan dikolom komentar Facebook tersebut. Bagi pertanyaan yang menarik akan dijawab langsung oleh narasumber yang bertugas.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi whatsapp Layanan Pelanggan RS JIH di 0811 282 3535 pada jam kerja.


HARI BURUH, RS JIH TETAP BUKA POLIKLINIK

  • 30 April 2018

Hari Buruh Nasional yang jatuh pada Selasa, 1 Mei 2018 tidak membuat Rumah Sakit “JIH” lantas ikut meliburkan aktifitasnya. Dengan memaksimalkan layanan kesehatan untuk masyarakat, Rumah Sakit “JIH” membuka beberapa poliklinik untuk dapat melayani masyarakat dihari libur.

Beberapa poliklinik yang buka adalah sebagai berikut:

Poliklinik Dokter Umum


Poliklinik Anak:

1. dr. Nazliah Hanum, SpA jam 14.00-16.00

2. dr.Indah Kartika, SpA jam 18.30-21.00

Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam dan Saraf:

1. dr. Karina Sasti, Sp.PD jam 08.00 -11.00

2. dr. Yudiyanta, Sp.S jam 16.00-18.00

Poliklinik Gigi dan Mulut:

1. drg. Ratih Lucia Fachlevy jam 08.00-12.00

2. drg. Elvina Dewi, SpKG jam 16.00-20.00

Jadwal tersebut diatas hanya berlaku pada Selasa, 1 Mei 2018, untuk hari-hari selanjutnya kembali ke jadwal normal. Untuk jam praktek dokter dapat berubah sewaktu-waktu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan selalu mendapat kesehatan yang berlimpah. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center 24 Jam di 0274 446 3535 ext.1

Salam AMPUH


MEDICAL CHECK UP BAGI TARUNA AKADEMI MILITER MAGELANG

  • 30 April 2018

Suasana Preferred Lounge Rumah Sakit “JIH” terlihat ramai berseragam coklat gelap, dalam rangka seleksi Akademi Militer Penerbangan, Rumah Sakit JIH memfasilitasi layanan Medical Check Up bagi Taruna Akademi Militer Magelang. MCU tersebut terdiri dari pemeriksaan EEG, EKG, Rontgen Thorax, Urin Rutin dan beberapa pemeriksaan laboratorium lainnya.

MCU yang dilakukan pada Jumat dan Sabtu (27-28/4) ini dihadiri oleh sekitar 33 taruna akademi militer Magelang yang dibagi menjadi 2 grup. Grup pertama dihadiri oleh sekitar 18 taruna, hari selanjutnya dilakukan pemeriksaan 15 taruna berikutnya. Terlihat antusias para taruna ketika sedang dijelaskan beberapa prosedur pemeriksaan.

Kesadaran pentingnya Medical Check Up sudah ditunjukan oleh taruna akademi militer. Oleh karena itu, mulailah memeriksakan kondisi tubuh Anda, mulai dari Medical Check Up di Rumah Sakit “JIH”. Informasi
mengenai Medical Check Up Rumah Sakit “JIH” dapat menghubungi 0274 446 3535 ext.242.


Sambut Hari Kartini, JIH Berikan Apresiasi bagi Ibu Melahirkan

  • 21 April 2018

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Rumah Sakit “JIH” memberikan apresiasi kepada Ibu yang telah berjuang melahirkan buah hati tepat pada tanggal 21 April 2018 berupa bingkisan. Momen ini juga sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kepercayaan pasien kepada pelayanan kesehatan di JIH.

Kegiatan ini berlangsung diruang rawat inap Ibu dan Anak, bangsal Camelia dan Rose lantai 3. Mulai dari jam 10.30 s/d 12.00 WIB. Acara berlangsung lancar dan bingkisan diserahkan oleh Bapak Kidung Ageng S.Kom, MSc.PMP selaku Manajer Marketing dan Pelayanan Pelanggan.

Dengan adanya kegiatan ini, Rumah Sakit “JIH” akan terus berusaha memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dan memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi dibidang pelayanan kesehatan.

Salam AMPUH.


HILANGKAN KEDUTAN SEPARUH WAJAH (HEMIFACIAL SPASM) DENGAN TINDAKAN MIKROVASKULER DECOMPRESSION

  • 11 April 2018

Kedutan separuh wajah yang spontan atau dikenal dengan Hemifacial Spasm merupakan kelainan pada saraf yang diakibatkan karena menempelnya pembuluh darah pada saraf no.7 yang berfungsi menggerakankan wajah, ketika pembuluh darah berdenyut, maka adanya rangsangan pada saraf no. 7 yang membuat wajah bergerak/berkedut. Kedutan yang terjadi seringnya didaerah mata, pipi dan leher tanpa bisa dikendalikan.

Hal tersebut pun bisa terjadi akibat kelelahan dan stress saat bekerja. Terkadang kedutan yang terjadi dapat menimbulkan rasa nyeri, sehingga membuat siapapun yang mengalami kelainan ini merasakan depresi maupun frsutasi.

Kelainan saraf ini tidak dapat disembuhkan dengan obat, salah satunya cara dengan melakukan operasi Mikrovaskuler Decompression yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Saraf. Operasi Mikrovaskuler Decompression ini merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan mikroskop khusus yang akan dimasukan hingga ke rongga kepala, dengan tujuan memisahkan pembuluh darah yang menempel dengan saraf no. 7, sehingga menghilangkan kedutan yang mengganggu didaerah wajah.

Sebelum melakukan operasi, pasien akan di periksa terlebih dahulu, mulai dari pemeriksaan laboratorium, foto dada dan rekam jejak diperlukan untuk melihat kondisi kesiapan pasien dan meminimalis kecelakan pada saat berlangsungnya operasi. Pasien akan dibius total sebelum dilakukannya operasi, hal ini membuat kondisi otak akan tetap lunak, sehingga memudahkan petugas untuk menjangkau target disekitar otak.

“membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam didalam kamar operasi, oleh karena itu sumberdaya yang kita miliki juga harus mempunyai keahlian yang cermat dan cekatan, ditambah dengan fasilitas penunjang yang membantu petugas melakukan tindakan” ujar dr. Mulyo Hartana, SpPD, Direktur Utama RS JIH disela-sela rutinitasnya.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, kini Rumah Sakit JIH memiliki sumberdaya dan fasilitas yang dibutuhkan untuk mengatasi penderita Hemifacial Spasm. Keberadaan dokter spesialis bedah saraf, seperti dr. Rahmat Andi Hartanto Sp.BS dan dr. Adiguna Suryo Wicaksono Sp.BS, di RS “JIH” menjadikan rumah sakit ini mampu melayani pengobatan yang dibutuhkan bagi penderita Hemifacial Spasm.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center 24 Jam di 0274 446 3535 ext.1 atau Customer Service di 0811 282 3535 via whatsapp.


JIH KEMBALI MEMBERANGKATKAN 15 KARYAWAN BERIBADAH UMROH

  • 08 April 2018

Melaksanakan ibadah Umroh merupakan impian bagi setiap umat muslim, Ibadah Umroh adalah kegiatan ibadah yang disunahkan bagi umat muslim yang mampu. Oleh karena itu Rumah Sakit “JIH” memberikan apresiasi atau reward bagi karyawan yang mempunyai kinerja baik dengan memberangkatkan Ibadah Umroh.

Sabtu, (07/04) jam 07.30 wib Rumah Sakit “JIH” kembali memberangkatkan karyawan untuk beribadah umroh, sebelumnya dibulan November 2017 memberangkatkan 10 karyawan tetapi kali ini jumlah karyawan yang berangkat umroh bertambah menjadi 15 orang. Ini merupakan ke lima kalinya Rumah Sakit “JIH” memberangkatkan karyawan untuk Umroh. Pelepasan karyawan dilaksanakan di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta dan dihadiri oleh perwakilan dari Manajemen Rumah Sakit “JIH”. Kriteria khusus dalam menentukan karyawan terpilih diantaranya adalah karyawan loyal dengan masa kerja minimal 5 tahun dan memiliki kinerja yang baik.

Harapannya dengan adanya program rutin ini, Rumah Sakit “JIH” dapat mewujudkan Visi nya sebagai Rumah Sakit Rahmattan Lil’Allamiin.

Salam AMPUH


JURU MASAK RS JIH SABET JUARA DI LOMBA MASAKAN KULINER NUSANTARA BERBAHAN DASAR TAHU

  • 03 April 2018

Selain focus pada layanan kesehatan masyarakat, Rumah Sakit JIH juga eksis pada perlombaan yang berbasis kuliner nusantara. Seperti yang diadakan oleh PT. Tahu Sari Sehat beberapa hari yang lalu, tepatnya berlokasi di Alun-alun Klaten, Tim Juru Masak Rumah Sakit JIH sabet juara 3 di ajang perlombaan “Masakan Kuliner Nusantara Berbahan Tahu Sehat”.

Acara yang diadakan pada Minggu, 1 April 2018 ini menghadirkan sekitar 60 peserta dari berbagai kalangan, baik institusi maupun perorangan. Tim yang terdiri dari dua orang ini, yaitu Fitri dan Ma’aruf merupakan tim pilihan dari Rumah Sakit “JIH”. Menu andalan mereka adalah Rol Tahu Bumbu Botok dengan Nasi Merah Tahu Sehat dan Jus Stupa yang terdiri dari bahan dasar tahu dengan campuran strawberry dan pisang.

Masakan yang disajikan harus dari 70% bahan dasar tahun dan 30% sisanya bahan masakan nusantara. Alhasil Tim Juru Masak Rumah Sakit JIH memiliki ide untuk membuat masakan yang praktis dan tidak biasa dalam pengolahannya. Nasi merah yang dibuat oleh Fitri dan Ma’aruf direbus dengan air sari tahu yang blender dan diambil perasan tahunya. Sedangkan Jus Stupa juga dari campuran tahu dan berbagai macam buahan yang membuat rasa jus semakin gurih dan manis.

Terdapat 3 juri dalam perlombaan yang berlangsung selama 4 jam ini, yaitu Cheff Hendro Purwanto (Ketua Indonesia Chef Association), Chef Ken (Master Cheff RCTI) dan tamu sekaligus juri kehormatan, Ibu Sudjiatmi Notomihardjo (Ibunda Bapak Presiden RI).

Rumah Sakit JIH mengalahkan 60 orang peserta dengan peringkat ketiga, yang nantinya akan memperebutkan juara utama di Grand Final yang akan diselenggarakan di Semarang. Harapan kedepannya, Tim Juru Masak Rumah Sakit JIH mampu tetap eksis dalam setiap kegiatan dan mempu memberikan layanan prima bagi masyarakat.


PERSATUAN ISTRI KARYAWAN AIRNAV LAKUKAN PEMERIKSAAN PAPSMEAR DI JIH

  • 29 March 2018

Sebagai seorang wanita, menjaga kebersihan organ intim kewanitaan itu sangatlah penting, kebersihan dari dalam maupun dari luar harus tetap diperhatikan, seperti misalnya melakukan Papsmear dan skrinning payudara. Papsmear atau tes pap merupakan tindakan yang dianjurkan untuk wanita yang sudah menikah. Alat tes pap yang seperti teropong kecil akan membuka rahim sehingga terlihat dinding rahim yang normal ataupun abnormal serta akan dilakukan pengambilan sempel cairan pada serviks yang akan dibawa ke laboratorium untuk memastikan tidak ada indikasi kanker serviks.

Pentingnya kesadaran sejak dini bagi wanita terlihat pada kumpulan ibu-ibu yang tergabung dalam Persatuan Istri Karyawan Airnav atau PERISAI cabang Yogyakarta. Ibu-ibu yang terdiri dari 20 orang ini melakukan pemeriksaan PapSmear di Rumah Sakit JIH tepatnya pada Rabu, 28 Maret 2018. Pemeriksaan bertempat di Healthy Life Center dengan dibantu oleh petugas Rumah Sakit JIH.

Pemeriksaan yang bermula dari jam 09.00 wib ini terlihat sangat antusias sekali mengikuti program pemeriksaan PapSmear di JIH. Hal itu juga disampaikan oleh Corryna Contessa Mardi selaku pimpinan dari PERISAI “menurut saya melakukan pemeriksaan PapSmear bagi wanita memang sangatlah penting, oleh karena itu kami menyadari bahwa pemeriksaan ini harus dilakukan”

Sebelum pemeriksaan dilakukan, dr. Martian Filosofia memberikan penjelasan mengenai Papsmear dan tatacara pelaksanaannya. Terlihat antusias yang aktif ketika dr. Martian Filosofia membuka sesi pertanyaan. Hasil pemeriksaan akan jadi dalam beberapa hari, sehingga setelah pemeriksaan, ibu-ibu Airnav dipersilahkan untuk pulang. Pemeriksaan berjalan hingga jam 12.00 wib dan dilanjutkan dengan berfoto bersama.


AMBULANCE PREMIUM JIH ANTAR JENAZAH PROBOSUTEDJO KE PERISTIRAHATAN TERAKHIR

  • 28 March 2018

“Innalillahi wa innailaihi roji’un” begitu ucapan ketika mendengar kabar duka yang berasal dari keluarga Almarhum Soeharto. Probosutedjo menghembuskan napas terakhirnya pada Senin, 26 Maret 2018 pukul 07.10 wib di RSCM, Jakarta Pusat. Jenazah Probosutedjo diterbangkan ke Yogyakarta dan dimakamkan di kediaman keluarganya di Kemusuk, Bantul.

Setibanya di Bandar Udara Adisutjipo Yogyakarta keluarga sudah bersiap untuk menjemput jenazah Probosutedjo. Jenazah tiba di Yogyakarta sekitar pukul 19.00 wib dijemput dengan Ambulance Premium dari Rumah Sakit JIH. Jenazah dimakamkan pada pukul 21.00 wib.

Seperti yang kita ketahui adik dari Preseiden RI ke dua ini menutup usia di umur 87 tahun. Riwayat selama hidupnya menjabat sebagai Direktur Utama PT. Menara Hutan Buana dan juga pemilik dari Universitas Mercu Buana Jakarta dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Semoga beliau meninggal dengan Husnul Khotimah dan keluarga yang ditinggalkan dapat menerima dengan hati yang lapang. Amin amin ya Robbal’alamin.


PERSI YOGYAKARTA ADAKAN PELATIHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT JIH

  • 27 March 2018

PERSI atau kepanjangan dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia ini merupakan kumpulan dari berbagai rumah sakit seluruh Indonesia. Bergerak dibidang kesehatan mengharusnya perhimpunan ini melaksanakan program yang tentunya bermanfaat bagi orang banyak, salah satu program nyatanya adalah melaksanakan berbagai pelatihan keperawatan.

Seperti pelatihan yang dilaksanakan di Auditorium, Rumah Sakit JIH yang berlangsung selama 5 (lima) hari berturut-turut ini menghadirkan sekitar 60 orang peserta dari berbagai rumah sakit. Peserta yang hadir
merupakan utusan dari beberapa rumah sakit di Yogyakarta, seperti RS Hidayatullah, RS Kota Yogyakarta, Grahasia, RSUAD, RS Panti Rahayu, RSUD Sleman 2 serta RS JIH.

Dalam pelatihan dengan tema Basic Trauma and Cardiac Life Support (BT&CLS) ini terdiri dari 2 (dua) kegiatan yaitu pemberian materi dan praktek yang nantinya diakhir pelatihan akan ada penilaian bagi perawat dengan nilai terbaik. Perawat dengan nilai terbaik jatuh pada Sutini S.Kep.,Ns dari Rumah Sakit JIH. Panitia yang berasal dari PUSBANKES 118 ini menilai dari hasil test peserta, keaktifan peserta dalam berlangsungnya pemberian materi, dan nilai praktek dalam pelatihan tersebut.

“Harapan kedepannya dengan adanya kegiatan pelatihan keperawatan ini dapat meningkatkan bekal ilmu bagi setiap perawat di Yogyakarta khususnya, dan bermanfaat bagi masyarakat seluruh Indonesia” tutur Tiwi selaku ketua acara saat dijumpai beberapa waktu lalu.


JIH MAKIN MEMANJAKAN LAYANAN IBU DAN ANAK DENGAN MENGHADIRKAN BED MELAHIRKAN PREMIUM/BED GYNECOLOGY

  • 20 March 2018

Kelahiran sang buah hati memang sangat dinantikan orangtua setelah menunggu 9 bulan lamanya. Untuk itu proses bersalin pun juga harus diperhatikan agar mendapatkan lahiran yang sehat dan sempurna.

Untuk memenuhi hal tersebut, kini JIH menyediakan layanan bagi bunda yang ingin mendapatkan pengalaman bersalin premium. Dengan menyediakan bed melahirkan yang premium (Bed Ginecology ), diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pengalaman bersalin sempurna. Bed Ginecology ini dilengkapi mode pijat didaerah pinggang, agar sang bunda tidak merasa pegal menumpu bagian punggung badannya. Selain itu dilengkapi dengan system remote control yang memudahkan petugas untuk mengoperasikan dan mengatur posisi melahirkan.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center Rumah Sakit JIH 24 Jam di 0274 446 3535 ext.1 atau menghubungi Customer Service di 0811 282 3535.

Salam AMPUH


JIH MENAMBAH KAMAR RAWAT INAP VIP BARU DAN MEMBUKA POLI LAKTASI

  • 11 March 2018

Rumah Sakit “JIH “ melayani mayarakat dan semakin dipercaya sebagai Rumah Sakit pilihan keluarga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Rumah Sakit “JIH” semakin berkembang mulai dari jumlah pasien yang terus meningkat pesat, penambahan kapasitas layanan rawat jalan dan rawat inap serta pembaharuan dan penambahan alat kesehatan.

Saat ini tingkat permintaan kamar rawat inap private room atau VIP semakin meningkat, hal ini terlihat dari banyaknya daftar waiting list pasien rawat inap yang membutuhkan kamar VIP. Melihat fenomena tingkat kebutuhan pasien akan kamar rawat inap VIP, maka Rumah Sakit “JIH” per senin 12 Maret 2018 membukan kamar rawat inap di bangsal baru VIP Aster lantai 2 gedung baru sejumlah 8 kamar. Nuansa homy didukung dengan fasilitas yang lengkap dan modern tersaji di setiap kamar VIP sehingga pasien akan merasa nyaman dalam menjalani perawatan kesahatan.

Selain itu, dalam meningkatkan layanan kesehatan ibu dan Anak, Rumah Sakit “JIH” kembali membuka layanan baru yaitu Poli Laktasi yang terletak di Poli Anak Gedung A. Poli Laktasi ini memberikan fasilitas konsultasi antara Dokter Spesialis Anak dengan para ibu yang sedang menyusui untuk mengetahui bagaimana cara menyusui yang benar dan bagaimana cara perawatan payudara selama ibu menyusui. Selain itu juga memberikan edukasi tentang cara menggendong bayi yang benar pada saat menyusui, cara mengurangi atau meminimalis kelecetan saat menyusui, dan masalah-masalah lain yang dapat timbul pada saat menyusui.

Salam AMPUH


Layanan Oksigen Terapi di Rumah Sakit JIH

  • 07 March 2018

LAYANAN HBOT (HYPERBARIC OXYGEN THERAPY)

Setiap makluk hidup pasti membutuhkan oksigen. Tetapi Apakah kalian tahu bahwa oksigen yang kita hirup ini bukanlah murni oksigen melainkan sudah tercampur dengan zat zat yang lain seperti asap kendaraan, asap rokok, asap pembakaran sampah dll. Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan tentang kesehatan masyarakat, Rumah Sakit JIH adalah satu-satunya Rumah Sakit di Jogja yang memberikan
layanan terapi oksigen yang disebut HBOT.

Apa itu HBOT? HBOT adalah kepanjangan dari Hyperbaric Oxygen Therapi yaitu terapi medis yang telah terbukti secara klinis dengan cara bernafas menghirup oksigen 100% murni di dalam suatu ruangan berbentuk tabung dan bertekanan. Biasanya terapi Hiperbarik ini dilakukan selama 2 jam dengan 3 tahap, serta jarak pertahap sekitar 15 menit. Di tahap pertama yaitu penekanan
oksigen, tahap kedua yaitu tahap penghirupan oksigen, dan tahap ketiga tahap pengurangan tekanan oksigen.

Mekanisme kerja dari terapi HBOT ini dengan prinsip dasar yaitu dalam tekanan tinggi kelarutan oksigen akan meningkat di dalam cairan, sehingga konsentrasi oksigen yang kita hirup dalam suasana hyperbaric akan meningkat dalam darah dan lebih maksimal masuk ke jaringan tubuh kita.

Manfaat dari Terapi Hiperbaric ini mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti

1.Penyembuhan luka bermasalah seperti (luka diabetes, luka bakar, dan gangrene)

2.Membantu Penyembuhan patah tulang

3.Masalah Gangguan Pendengaran

4.Masalah Gangguan Saraf dan Store

5.Autism

6.Kebugaran dan Kecantikan

(Terbukti efektif secara klinis (FDA approved)

Larangan kepada pasien yang melakukan HBOT

Pasien yang sedang mengalami batuk pilek, kelainan paru tertentu, dan beberapa kondisi medis tertentu akan menyebabkan pasien kesulitan menyesuaikan diri dalam ruangan hiperbarik. Maka dari itu calon pasien hyperbaric wajib berkonsultasi dengan dokter hyperbaric terlebih dahulu.

Efek Samping terapi Oksigen Hiperbarik

Efek samping yang biasa terjadi adalah Barotrauma (sakit pada telinga) yang diakibatkan ketidakmampuan pasien menyesuaikan tekanan dalam ruangan hiperbarik dan intoksikasi oksigen yang disebabkan bernafas yang tidak semestinya dalam ruangan hyberbarik. Untuk mengatasi hal tersebut pasien akan selalu didampingi perawat yang akan mengajarkan cara menyesuaikan terhadap tekanan dan metode bernafas yang benar dalam ruangan hiperbarik.

Tarif untuk melakukan oksigen terapi sangat terjangkau yaitu Rp 250.000,- / terapi ditambah dengan konsultasi dokter dan administrasi sebesar Rp 85.000,-. HBOT Rumah Sakit JIH buka setiap hari Senin s/d Sabtu dengan jam terapi sebagai berikut :

· Pagi jam 09.00-11.15

· Siang jam 12.00-14.15

· Sore jam 15.00-17.15

Semoga Informasi ini bermanfaat, jika terdapat pertanyaan seputar HBOT Rumah Sakit JIH dapat menghubungi customer service di 0811 282 3535 dan call center 0274 446 3535 ext.0


LAYANAN BARU POLI LAKTASI RUMAH SAKIT JIH

  • 01 March 2018

Dalam melayani masyarakat, Rumah Sakit “JIH” selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan maksimal. Januari 2018 sudah membuka layanan baru Poli Tumbuh Kembang Anak, kali ini per 1 Maret 2018 Rumah Sakit “JIH” membuka kembali layanan baru yaitu Poli Laktasi.

Poli Laktasi ini memberikan fasilitas konsultasi antara Dokter Spesialis Anak dengan para ibu yang sedang menyusui untuk mengetahui bagaimana cara menyusui yang benar dan bagaimana cara perawatan payudara selama ibu menyusui. Selain itu juga memberikan edukasi tentang cara menggendong bayi yang benar pada saat menyusui, cara mengurangi atau meminimalis kelecetan saat menyusui, dan masalah-masalah lain yang dapat timbul pada saat menyusui.

Poli Laktasi terletak di Poli Anak dengan Jadwal konsultasi sebagai berikut :

1. dr. Sari Kusumastuti, Sp.A : Rabu, pukul 09.00-10.00 Wib

2. dr. Fauziah, Sp.A : Kamis, pukul 09:00-10:00 Wib

Pada saat konsultasi , diharapkan pasien membawa botol susu yang berisi ASI atau susu formula. Biaya Konsultasi di Poli Laktasi adalah Rp 175.000,- ( konsultasi dokter + biaya administrasi RS). Sebelum pemeriksaan diharapkan pasien melakukan appointment 1 hari sebelumnya. Pendaftaran dapat melalui Call Center 24 Jam di 0274-4463535 ext.0 atau Poli Anak di 0274-4463535 ext.274. untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Customer Service kami di 0811 282 3535.

Salam AMPUH


SIMAK PROGRAM BARU JIH ” ASK THE EXPERT” DI INSTAGRAM JIH

  • 27 February 2018

Rumah Sakit “JIH” selalu berupaya memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat dengan maksimal, informasi kesehatan kami sampaikan melalui media cetak maupun media sosial . Kali ini Rumah Sakit “JIH” mempunyai program baru di media sosial Instagram yaitu “ Ask The Expert” program tanya jawab seputar kesehatan dengan Narasumber Dokter Spesialis Rumah Sakit “JIH” dengan tema yang berbeda-beda setiap bulannya.

Acara ini berlangsung live dengan durasi waktu sekitar 10-15 menit dan akan tayang di setiap minggu ke-4. Tujuan dari acara ini adalah memberikan fasilitas kepada sahabat JIH di Instagram yang ingin menyampaikan pertanyaan seputar kesehatan sesuai dengan tema yang di angkat. Penasaran bagaimana acaranya, simak program ”Ask The Expert” tayang perdana hari ini selasa 27 Februari 2018 ”Live” pukul 14:30 Wib di Instagram Rumah Sakit ”JIH”. Bagi sahabat JIH yang belum Follow segera follow IG Rumah Sakit ”JIH” di @rumahsakitjih.

Ingat, Selalu jaga kesehatan untuk kualitas hidup lebih baik.

Salam AMPUH


HDCI “PAGUPON” JOGJA ROAD TO JIH

  • 26 February 2018

Minggu 25 Februari 2018 sekitar jam 07:00 WIB, area parkir timur Rumah Sakit “JIH” rame dengan hadirnya komunitas Harley Davidson /Motor Gede dari HDCI “ PAGUPON” Jogja. Sekitar 15 personil silih berganti memadati area parkir timur. Salah satu agenda kedatangan dari komunitas ini adalah untuk pengambilan gambar yang akan di tayangkan di JIH-Preferred Magazine periode Januari-Juni 2018.

Dalam menjaga stamina dan kesehatan personil dari HDCI “PAGUPON “ Jogja selalu melakukan check up kesehatan di Rumah Sakit “JIH”. Oleh karena itu sebagai apresiasi Rumah Sakit “JIH” memilih komunitas HDCI “PAGUPON “ Jogja sebagai komunitas yang akan tayang di JIH-Preferred Magazine. Seperti yang diungkapkan oleh Humas HDCI “PAGUPON” Jogja Bapak Iwan Budiman, selain kegiatan rutin kumpul bareng komunitas ini juga aktif dalam kegiatan sosial.

Selalu jaga kesehatan untuk kualitas hidup lebih baik. Salam AMPUH


PROMO LAYANAN RUMAH SAKIT JIH DIBULAN FEBRUARI

  • 02 February 2018

Tak terasa sudah memasuki bulan kedua di tahun 2018, saatnya Rumah Sakit “JIH” memberikan promo terbaru juga. Promo dibulan Februari 2018 ini mengangkat tentang pemeriksaan payudara. Karena jatuh dibulan Februari yang merupakan peringatan bulan kaker payudara, RS JIH saat ini sudah memiliki alat medis deteksi dini kanker payudara yaitu Mammografi. Selain Mammografi, promo lainnya yaitu skrining Jantung dan alat Body Composition Analizer (BCA).

Skrinning jantung di Rumah Sakit JIH menggunakan treadmill dengan memasangkan alat pendeteksi detak jantung pada bagian dada pasien sembari pasien berjalan diatas treadmill. alat ini bermanfaat untuk melihat seberapa normal jantung pasien ketika melakukan pergerakan. Adapun paket skrining jantung meliputi :

1.Konsultasi dokter Umum

2.Konsultasi dokter Spesialis Jantung

3. EKG

4. Echocardiography

5. Treadmill

6. Glukosa
puasa

7. HDL

8. LDL

9. Kolestrol Total

10. Trigliserid

11. Asam Urat

Manfaat dari BCA adalah mampu mengetahui massa otot dan lemak pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti lengan, perut hingga paha. Pada alat ini pasien akan naik tanpa alas kaki dan akan dimintai informasi umur, tinggi hingga berat badan. Setelah itu akan keluar hasil dari alat BCA yang akan dibacakan oleh dokter yang bersangkutan. Selain mengetahui massa otot dan lemak, BCA mampu memberikan solusi dalam menaikan atau menurunkan massa otot dan lemak dengan memperlihatkan daftar olahraga dan asupan makanan yang harus dikonsumsi atau mungkin dihindari.

Masing-masing mendapat potongan sebesar 20%. Mamografi dari harga Rp. 575.000,- menjadi Rp. 460.000,- ; Skrinning Jantung dari harga Rp. 1.709.000 menjadi Rp. 1.350.000,- ; dan BCA dari harga Rp. 211.000,- menjadi Rp. 170.000,-. Pemeriksaan mamografi

Paket skrinning jantung dan Body Composition Analizer dapat dilakukan di JIH Healthy Life Center sedangkan pemeriksaan Mammografi harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Spesialis Bedah Umum Rumah Sakit JIH. Masing-masing layanan bisa save 20% tanpa syarat apapun. Jika Anda ingin memeriksakan kesehatan dengan ketiga layanan tersebut bisa langsung melakukan appointment via WhatsApp di 0811 282 3535 atau informasi lebih lanjut di 0274 446 3535 ext 272.


PREFERRED LOUNGE RUANG TUNGGU EKSKLUSIF RAWAT JALAN

  • 25 January 2018

Menunggu antrian terkadang membuat sebagian orang merasa bosan dan tidak nyaman. Apalagi ketika kondisi di Poliklinik sedang ramai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Rumah Sakit “JIH” menghadirkan “ Preferred Lounge” yaitu Ruang Tunggu Eksklusif Rawat Jalan. Salah satu kelebihan pelayanannya adalah one stop services yaitu pelayanan mulai dari pendaftaran, pemeriksaan vital sign dan pembayaran dilakukan dalam satu tempat sehingga dapat menyingkat waktu pasien dalam melakukan proses pemeriksaan.

Ruang tunggu yang didesain eksklusif memberikan suasana yang nyaman dan hangat dengan fasilitas yang diberikan antara lain :

1. Snack

2. Coffee dan Juice

3. Mushola

4. Televisi 60Inc

5. Komputer dan free Wifi

6. Toilet

Hanya dengan membayar biaya administrasi Rp. 35.000,- untuk dewasa dan Rp. 20.000,- untuk anak dibawah usia 5 th, sudah dapat menikmati layanan one stop services dari Preferred Lounge Rumah Sakit “JIH”. Layanan ini berlaku bagi semua pasien baik pasien umum maupun pasien jaminanAsuransi/Perusahaan.

Preferred Lounge siap melayani Anda setiap hari Senin s/d Sabtu jam 07.00-21.00 WIB (tanggal merah libur). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi di 0274 446 3535 ext.276/277.


TIM MEDIS PREMIUM JIH TURUT SERTA DALAM EVENT FAMILY GATHERING PT. UNILEVER SEINDONESIA

  • 18 January 2018

Eksistensi Tim Medis Premium JIH semakin terlihat dikala mengikuti event Family Gathering dari PT. Unilever yang diselenggarakan di Hotel Sahid dan Candi Prambanan. Acara ini berlangsung selama dua hari berturut-turut (17-18/01) dengan berbagai rangkaian acara yang meriah.

Salah satu rangkaian acara yang membutuhkan kecekatan tenaga medis adalah event “Tomorrow Legend” yang bertempat di Candi Prambanan, event Tomorrow Legend ini mengajak peserta untuk berolahraga dengan berlari dalam kontes Fun Run.

Beberapa jam acara berlangsung, terlihat salah satu peserta mengalami cidera dan tidak dapat berdiri, Tim Medis Premium dengan sigap langsung melakukan tindakan emergency untuk melakukan pertolongan pertama. Karena perlu penanganan lebih lanjut pasien langsung dirujuk ker Rumah Sakit JIH.

Tim Medis Premium JIH mempunyai personil lengkap yang terdiri dari Dokter, Perawat dan Driver yang siap tanggap dalam kondisi kegawatdaruratan didukung dengan perlengkapan medis yang lengkap. Tim medis Premium Rumah Sakit JIH siap melayani kegawatadaruratan 24 jam, segera hubungi kami di 0274 446 3555.


PAKET PEMERIKSAAN POLI TUMBUH KEMBANG ANAK

  • 14 January 2018

Kini Rumah Sakit JIH menghadirkan layanan baru khusus untuk tumbuh kembang anak. Layanan tersebut adalah Poli Tumbuh Kembang Anak yang membantu memberikan konsultasi dan terapi bagi anak-anak dengan pertumbuhan dan perkembangan yang lamban dari sewajarnya. Poli Tumbuh Kembang Anak mulai menerima pasien Senin, 15 Januari 2018. Layanan ini didukung oleh beberapa ahli dibidangnya, yaitu Dokter Spesialis Anak, Psikolog dan Psikiater yang akan membantu jalannya proses konsultasi dan fisioterapi pada anak.

Layanan ini berupa paket pemeriksaan Tumbuh Kembang Anak dengan biaya Rp 1.600.000,-. Pemeriksaan meliputi 4 tahapan yaitu:

1. Skrining dengan Kuisioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) dan Tes Denver oleh perawat.

2. Setelah mendapat hasil KPSP dan Tes Denver, pasien diperiksa oleh Dokter Spesialis Anak.

3. PIC perawat tumbuh kembang akan membuat jadwal pasien untuk periksa ke dr.Sp. A (K) saraf (dr. Agung Triono,Sp.A(K) ), Psikolog (Bu Hapsari, M.A., Psi atau Bu Analisa W, P.si,. Psi), Psikiater (dr.Moetrasi,Sp. KJ)

4. Setelah diperiksa oleh tim Tumbuh Kembang Anak, pasien kembali ke dokter spesialis anak sebagai leader dari tim tumbuh kembang anak untuk menentukan rekomendasi tindakan selanjutnya dan menjelaskan hasil pemeriksaan kepada keluarga pasien.

Proses atau tahapan diatas akan berlangsung selama 5 hari kerja. Pendaftaran dapat dilakukan di Poli Anak/ Poli Timur Gedung A. Setelah pendaftaran akan diberikan arahan dari perawat di poli tumbuh kembang anak.

Jadwal Dokter Spesialis Anak di Poli Tumbuh Kembang Anak adalah sebagai berikut :

1. dr. Nurlaili, Sp.A : Senin & kamis Pukul 13.00-15.00 Wib

2. dr. Sari K, Sp.A : Rabu Pukul 09.00-10.00 Wib

untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi call center 24 jam di 0274 446 3535 ext 0 atau di Layanan Pelanggan 0811 282 3535


JIH HADIRKAN POLI TUMBUH KEMBANG ANAK UNTUK MEMAKSIMALKAN LAYANAN

  • 08 January 2018

Menyaksikan perkembangan anak merupakan momentum yang sangat penting, semakin bertambahnya usia anak, akan semakin banyak memori yang direkam. Seorang anak dikatakan normal jika ia dapat berjalan mulai usia 10 hingga 18 bulan, sehingga seringkali terjadi perbedaan perkembangan di antara anak yang seusia. Untuk itu, orang tua perlu mengenal tanda bahaya (red flag). Sekitar 5 hingga 10% anak diperkirakan mengalami keterlambatan perkembangan. Data angka kejadian keterlambatan perkembangan umum belum diketahui dengan pasti, namun diperkirakan sekitar 1-3% anak di bawah usia 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan umum. Keterlambatan perkembangan anak meliputi lambat berbicara, belum bisa berjalan pada usianya, susah berkonsentrasi dan lain sebagainya.

Oleh karena itu dalam memaksimalkan layanan kesehatan anak secara komprehensif Rumah Sakit “JIH” menghadirkan Poli Tumbuh Kembang Anak yang didedikasikan khusus untuk membantu orang tua dalam mengatasi permasalahan pada anak secara tepat , deteksi dini terhadap keterlambatan & gangguan tumbuh kembang anak secara terpadu yang melibatkan tim Dokter Spesialis Anak, Psikolog, serta Terapis berpengalaman yang membantu mengembangkan saraf motorik pada anak dengan teknik-teknik fisioterapi khusus Anak.

Poli Tumbuh kembang Anak berada di Poli Anak/ Poli Timur gedung A, didesain khusus menyesuaikan karakter keceriaan anak sehingga menambah kenyamanan pada saat melakukan konsultasi. Selain itu orangtua dapat memantau anak bermain, sambil berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak diruangan yang terhubung dengan ruangan bermain.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center 24 jam Rumah Sakit “JIH” di 0274 446 3535 ext.0 atau dapat menghubungi nomer costumer service di 0811 282 3535.


JIH MEMAKSIMALKAN LAYANAN DENGAN MENAMBAH DOKTER SPESIALIS GIGI ANAK

  • 05 January 2018

Untuk memberikan layanan maksimal bagi masyarakat khususnya anak-anak, Rumah Sakit “JIH” menyediakan layanan Poli Gigi Anak dengan fasilitas ruangan didesain khusus sehingga memberikan nuansa hangat, ceria dan nyaman. Anak menjadi tidak takut pada saat melakukan konsultasi dan tindakan. Poli Gigi Anak didukung oleh Dokter Spesialis Gigi Anak yang profesional, ramah dan ahli dalam melakukan pendekatan pada anak sehingga anak merasa tenang dan nyaman pada saat pemeriksaan.

Semakin meningkatnya jumlah pasien di Poli Gigi Anak maka per Januari 2018, Rumah Sakit “JIH” menambah Dokter Spesialis Gigi Anak menjadi 2 dokter dengan jadwal praktek sebagai berikut:

1. drg. Liza Siskasari, SpKGA

Senin, Selasa, Rabu, Jumat : Pukul 10.00 - 16.00 Wib

Kamis : Pukul 17.00 - 20.00 Wib

2. drg. Ennita Rakhmawaty, MDSc, SPKGA

Senin, Selasa, Rabu, Jumat : Pukul 17.00 - 20.00 Wib

Kamis : Pukul 10.00 - 16.00 Wib

Sabtu : Pukul 13.00 - 16.00 Wib

Lakukan kontrol rutin untuk menjaga kesehatan gigi anak dan jangan lupa menggosok gigi minimal 2x sehari.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center 24 jam di 0274 4463535 ext.0 atau Customer Service di 0811 282 3535.


JIH Siap 24 Jam dengan Tim Medis Premium

  • 02 January 2018

Tahun baru, maka semangat baru bagi kita semua.

Untuk meningkatkan layanan kesehatan, Rumah Sakit JIH memiliki Tim Medis Premium 24 Jam yang siap melayani kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkan kami. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi di nomer 0274 446 3555.

Semoga Sehat Selalu, Salam AMPUH.


POLIKLINIK RUMAH SAKIT JIH TETAP BUKA DILIBUR TAHUN BARU

  • 30 December 2017

Hanya tinggal menghitung hari untuk memasuki tahun 2018. Rumah Sakit “JIH” akan tetap buka ditanggal 1 Januari 2018 dengan jam praktek beberapa poliklinik sebagai berikut:

1. Poliklinik Umum buka dari jam 08.00 s/d 20.00 wib

2. Poliklinik Anak buka dari jam 09.30 s/d 16.00 wib

3. Poliklinik Penyakit Dalam buka dari jam 13.00 s/d 15.00 wib

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi call center 24 jam di 0274 446 3535 ext.0 atau Custumer Service 0811 282 3535

Selain layanan pokliklinik, UGD Rumah Sakit JIH juga siap melayani 24 Jam dengan menghubungi 0274 446 3555

Semoga Sehat Selalu. Salam AMPUH


MILAD KE 11 RUMAH SAKIT “JIH”TERAKREDITASI PARIPURNA KARS

  • 28 December 2017

12 Rabiul Awal 1439 H/ 1 Desember 2017 Rumah Sakit “JIH” genap 11 tahun melayani mayarakat dan semakin dipercaya sebagai Rumah Sakit pilihan keluarga. Rumah Sakit “JIH” semakin berkembang mulai dari jumlah pasien yang terus meningkat pesat, penambahan kapasitas layanan rawat jalan dan rawat inap serta pembaharuan dan penambahan alat kesehatan.

Milad kali ini sangat spesial karena Rumah Sakit “JIH” telah Terakreditasi PARIPURNA oleh KARS untuk Rumah Sakit periode 2017-2020. Proses pelaksanaan Akreditasi KARS berlangsung tanggal 17 s/d 19 Oktober 2017 di hadiri oleh dr. Sutopo Kirlan,Sp.BTKV, MARS, dr. Arya Warsaba Sthiraprana Duarsa, MM dan Cristina Theresia Sinaga,S.Kp.,M.Kep. “Hal ini tentu bukan tantangan yang mudah untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu layanan kedepannya” Ungkap dr. Mulyo.

Menuju kepuncak acara, Rumah sakit “JIH” sudah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan Milad ke-11 diantaranya kegiatan CSR “Berbagi bersama korban bencana banjir di daerah Nglipar GunungKidul”, Patient Care yaitu kegiatan rutin membagikan bingkisan kepada seluruh pasien rawat inap oleh Jajaran Direksi dan Manajemen Rumah Sakit “JIH” sebagai ucapan terimakasih atas kepercayaan kepada pelayanan rumah sakit, serta perlombaan yang diikuti oleh seluruh karyawan dengan tujuan mendekatkan silahturahmi dan rasa tolenransi. Selain itu RumahSakit “JIH” sudah memulai pembangunan
Radio Teraphy Center yang diprediksiakan selesai di akhir tahun 2018.

Acara puncak diselenggarakan 27 Desember 2017 dengan tema Integrity and Continuous Improvement Services, yaitu Rumah Sakit “JIH” berkomitmen konsisten dalam memberikan mutu layanan terbaik dan secara berkelanjutan terus berusaha mengembangkan dan memperbaiki produk layanan. Kemudian diikuti dengan penyerahan Sertifikat Lulus Paripurna Akreditasi KARS yang diberikan langsung oleh perwakilan dari KARS Jakarta kepada Direktur Utama Rumah Sakit “JIH.

“Semoga dengan bertambahnya usia Rumah Sakit “JIH” ke 11, terus semangat dalam meningkatkan mutu pelayanan prima untuk masyarakat di bidang kesehatan” ujar Dirut Rumah Sakit “JIH” ketika ditemui langsung di Ruang Auditorium Lantai 5 Rumah Sakit JIH.


JIH BAGIKAN BINGKISAN KE SELURUH PASIEN RAWAT INAP MENJELANG PUNCAK MILAD KE 11

  • 26 December 2017

Kamis,26 Desember 2017 Jajaran Direksi dan Manajemen Rumah Sakit “JIH” mengunjungi dan membagikan bingkisan ( Patient Care) ke seluruh pasien Rawat Inap sebagai ucapan terima kasih atas kepercayaan terhadap pelayanan kesehatan di JIH. Patient Care merupakan rangkaian kegiatan MIlad JIH ke-11 rutin dilakukan setiap 1 hari sebelum perayaan puncak acara Milad.

Puncak acara Milad ke -11 akan diselenggarakan Rabu, 27 Desember 2017 di Auditarium lt.5 pukul 12:30-15:00 WIB akan dimeriahkan oleh berbagai talenta berbakat dari karyawan Rumah Sakit JIH diikuti penyerahan Sertifikat Akreditasi LULUS PARIPURNA KARS yang telah diraih oleh Rumah Sakit “JIH”. Sertifikat akan diserahkan langsung oleh perwakilan dari KARS Jakarta kepada Direktur Utama Rumah Sakit “JIH”.

Mengusung tema integrity and continuous improvement, Rumah Sakit “JIH” berusaha konsisten dalam memberikan mutu layanan terbaik dan secara berkelanjutan terus berusaha mengembangkan dan memperbaiki produk layanan.

Rumah sakit “JIH” AMPUH


LAYANAN POLIKLINIK TETAP BUKA DI HARI LIBUR

  • 24 December 2017

Menginformasikan kepada pelanggan setia Rumah Sakit “JIH”, hari libur tanggal 25 Desember 2017 Layanan Poliklinik Rumah Sakit “JIH” tetap melayani pasien, antara lain :

1. Poli Mata

2. Poli Gigi

3. Poli Anak

4. Poli Umum

Untuk Appointment Silahkan menghubungi Call Center 24 jam di 0274-446 3535 ext.0 Dan WhatsApp 0811 268 3535 (08:00-20:00 Wib)

Tetap jaga kesehatan dimusim liburan yaa…


SELAMAT HARI IBU

  • 22 December 2017

Menjadi seorang Ibu adalah sebuah kemuliaan. Ia akan selalu memastikan setiap anggota keluarga dalam keadaan sehat dan memberikan kasih sayang yang penuh. Bertepatan dengan Hari Ibu , Rumah Sakit “JIH” memberikan apresiasi bagi ibu yang melahirkan di tanggal 22 Desember 2017 dengan menyerahkan bingkisan sebagai ucapan terim kasih atas kepercayaan pasien kepada pelayanan Rumah Sakit “JIH”.

Bingkisan tersebut diserahkan langsung kepada pasien oleh DR. dr. Hastha Yoga L.B, Sp.KJ selaku Direktur Medik dan Keperawatan, salah satu pasian yang menerima bingkisan adalah Ibu Ani utamayati , beliau mempercayakan kelahiran ketiga anaknya di Rumah Sakit “JIH”.

Terus sayangi dan jaga kesehatan Ibu kita dengan memberikan perhatian dan kasih sayang kepada mereka.


Promo Khitan di Rumah Sakit “JIH”

  • 20 December 2017

Memasuki penghujung tahun 2017, saatnya untuk membuat daftar keinginan menjadi nyata. Bersamaan dengan libur panjang sekolah Rumah Sakit “JIH” memberikan layanan khusus untuk anak-anak berupa paket khitan.

Paket khitan terdiri dari :

Dokter Umum ( Rp 1.250.000,- dari tarif normal Rp 1.500.000,- ) Dokter yang menangani antara lain dr. Nuklear Adiwena. dr. M. Teguh Irianto, dr. Yusda Tris Sari Wijaya dan dr. Noor Aditya Sutiyoso

Dokter Spesialis (Rp 1.750.000,- dari tarif normal Rp 2.000.000,-) dokter yang menangani adalah dr. Shinta Vembrana, Sp.B.

Paket khitan ini berlangsung sampai dengan akhir januari 2018. Untuk pendaftaran silahkan menghubungi Call Center di 0274 446 3535 ext.1 atau Customer Service di.0811 282 3535


RANGKAIAN ACARA MENJELANG PUNCAK MILAD RUMAH SAKIT “JIH” KE 11

  • 12 December 2017

Menjelang perayaan MILAD Rumah Sakit “JIH” ke 11 diselenggarakan berbagai perlombaan yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh unit layanan sebelum akhirnya acara puncak. Rangkaian lomba antara lain Lomba Voli Putra-Putri yang sedang berlangsung selama dua hari berturut-turut (12-13/12), dilanjutkan dengan cerdas cermat, dan berbagai perlombaan lainnya.

Perlombaan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori Lomba Non-Medis dan kategori Lomba Medis, mengingat JIH merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan kesehatan.

Tujuan diadakannya perlombaan ini adalah untuk mempererat tali silahturahmi antar karyawan, memiliki rasa toleransi antar sesama, dan menguji pengetahuan medis dan non-medis.

Acara puncak akan diselenggarakan Rabu, 27 Desember 2017 dengan rangkaian acara Tasyakuran yang dihadiri oleh seluruh karyawan Rumah Sakit “JIH” dan Tamu Undangan.

Salam AMPUH


JIH BERBAGI BERSAMA KORBAN BANJIR DI GUNUNG KIDUL

  • 07 December 2017

Banjir yang menerjang beberapa wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di daerah Gunung Kidul memang sangat memprihatinkan, derasnya debit hujan membuat sebagian rumah warga tergenang bahkan terseret banjir sehingga menelan beberapa korban jiwa dan luka-luka. Rumah Sakit “JIH” beserta JIH Woman Association (JIHWA) mengambil langkah nyata untuk membantu warga yang terkena dampak banjir.

Rumah Sakit “JIH” dan JIHWA mendonasikan langsung bantuan berupa peralatan rumah tangga, peralatan bangunan dan baju seragam SD untuk anak-anak terkena dampak banjir. Bantuan berupa seragam SD diterima oleh Kepala Sekolah SD Negeri Klayar Kec. Nglipar Gunung Kidul. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Direksi Rumah Sakit “JIH” dan Pengurus JIHWA yang disambut baik oleh Drs. Witanto selaku Camat Nglipar Gunung Kidul. “Saya rasa, kegiatan ini sangat perlu diadakan melihat kondisi warga sekitar yang membutuhkan dukungan, baik itu materi maupun moril” seru dr.Mulyo selaku Direktur Utama RS JIH.

Harapan dari kegiatan ini, warga yang terkena dampak banjir mampu melanjutkan aktifitas sehari-hari dan anak-anak dapat bersekolah kembali untuk meraih cita-cita mereka. “semoga dengan bantuan ini warga nglipar, Gunung Kidul dapat membangkitkan kembali semangat hidup” lanjut dr. Mulyo.

Pada Rabu, 6/12 bertempat di Posko darurat Kecamatan Nglipar ini diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan para korban banjir.


SELAMAT MEMPERINGATI HARI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1439H

  • 01 December 2017

​Rumah Sakit “JIH” mengucapkan Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Mari kita jadikan seluruh ajaran kebaikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan, termasuk dalam hal pola hidup sehat yang selalu diterapkan semasa hidupnya.


JIH MEMBERANGKATKAN 10 KARYAWAN BERIBADAH UMROH

  • 23 November 2017

Melaksanakan ibadah Umroh merupakan impian bagi setiap umat muslim, Ibadah Umroh merupakan kegiatan ibadah yang disunahkan bagi umat muslim yang mampu, sehingga tidak semua umat muslim mampu menjalankannnya. Oleh karena itu Rumah Sakit “JIH” memberikan apresiasi atau reward bagi karyawan yang mempunyai kinerja baik dengan memberangkatkan Ibadah Umroh.

Kamis, (23/11) jam 07.30 wib Rumah Sakit “JIH” memberangkatkan 10 karyawan untuk beribadah umroh, pelepasan karyawan dilaksanakan di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta dan dihadiri oleh Bpk. Ivan Soepriyanto, SH.,CPHR selaku Pjs. Direrktur Operasional dan sebagai perwakilan dari Manajemen Rumah Sakit “JIH”. Kriteria khusus dalam menentukan karyawan terpilih, diantaranya adalah karyawan loyal dengan masa kerja minimal 5 tahun dan memiliki kinerja yang baik. Memberangkatkan Ibadah Umroh menjadi program rutin setiap tahun dan target dari Rumah Sakit “JIH” adalah memberangkatkan seluruh karyawan untuk dapat melaksanakan Ibadah Umroh.

Kali ini merupakan keberangkatan Ibadah Umroh yang ke-4 bagi karyawan Rumah Sakit “JIH”. Harapannya dengan adanya program rutin ini, Rumah Sakit “JIH” dapat mewujudkan Visi nya sebagai Rumah Sakit Rahmattan Lil’Allamiin.


JIH BERBAGI EDUKASI KESEHATAN GIGI DI SD TELADAN

  • 19 November 2017

Menjaga kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal yang tidak dapat kita abaikan begitu saja. Memang tampak wajar jika seorang anak mempunyai gigi yang rusak, namun sebenarnya hal itu tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut anak jika dibiarkan terlalu lama.Ada banyak dampak yang dapat ditimbulkan oleh kerusakan pada gigi anak, salah satu di antaranya ialah berubahnya bentuk mulut dan tatanan gigi pada saat anak dewasa nanti.

Oleh karena itu, perlu adanya edukasi tentang pencegahan terhadap resiko kerusakan pada gigi anak. Rumah Sakit “JIH” bekerja sama dengan SD Teladan yang beralamat di Jl. Kabupaten No. 99 Nogotirto Gamping Sleman melaksanakan program Healthy Talk mengangkat tema tentang Cara Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar. drg Elvina Dewi dibantu oleh perawat gigi dengan telaten memberikan pengarahan dan membantu mempraktekan cara menggosok gigi yang baik dan benar kepada semua siswa-siswi. Antusiasme terlihat di wajah semua siswa-siswi SD Teladan yang mengikuti proses edukasi tersebut. Acara ini sudah terselenggara kamis, 16/11/2017. Tidak dipungkiri suksesnya acara Healthy Talk juga adanya peran serta dari para guru. Tujuan acara ini adalah memberikan semangat kepada semua siswa-siswi untuk menjaga kesehatan gigi sejak dini dengan rajin menggosok gigi dengan baik dan benar minimal 2x sehari.

drg. Elvina Dewi adalah dokter spesialis gigi di Rumah Sakit “JIH” dengan jadwal praktek setiap hari selasa-rabu pukul 16:00-20:00 Wib dan Jum’at pukul 13.30-17:00 Wib. drg. Elvina Dewi dikenal ramah dan professional dalam melayani pasien.

Jangan lupa periksakan kesehatan gigi anda secara rutin yaa….Salam Sehat.


LAYANAN APPOINTMENT 24 JAM RUMAH SAKIT “JIH”

  • 15 November 2017

Menginformasikan kepada pelanggan Rumah Sakit “JIH”, mulai 12 November 2017 Rumah Sakit “JIH” melayani appointmen bagi calon pasien maupun pasien lama (mempunyai No Rekam Medis) dengan langsung mendapatkan nomor antrian.

Silahkan menghubungi 0274-446 3535 ext.0 (24 jam)

WhatsApp 0811 268 3535 (08:00-20:00 Wib)


dr. Ade Indrisari Sp.A Kembali Praktek di JIH

  • 09 November 2017

Menginformasikan kepada seluruh pasien setia Rumah sakit “JIH” bahwa dr. Ade Indrisari Sp. A kembali praktek per 1 November 2017. Saat ini dr. Ade Indrisari Sp. A adalah sebagai Dokter Mitra Rumah Sakit “JIH”.

Jadwal Praktek dr. Ade Indrisari Sp.A adalah sebagai berikut:

Rabu dan Jum’at Pukul 11.00 – 13.00 Wib

Untuk pendaftaran di Poliklinik dapat dilakukan melalui:

1. JIH Mobile Apps (khusus pasien yang sudah terdaftar Rekam Medis)

2. WhatsApp di 0811 268 3535

3. Call Centre 0274 446 3535 ext. 1

4. Go Show/langsung mendaftar ke Rumah Sakit “JIH”

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Customer Service kami di 0811 282 3535

Semoga selalu sehat yaa..


RUMAH SAKIT “JIH” ADAKAN JOGJA GOES PINK, PERINGATI BULAN KESADARAN KANKER PAYUDARA SE-DUNIA

  • 16 October 2017

Bulan Oktober sebagai bulan kesadaran kanker payudara sedunia, Rumah Sakit “JIH” mengadakan acara Jogja Goes Pink, ini adalah tahun kedua penyelenggaraan Jogja Goes Pink. Jogja Goes Pink tahun ini diadakan di bioskop XXI Ambarukmo Plaza, Yogyakarta pada Minggu, 15 Oktober 2017. Acara terdiri dari mini seminar “Kenali dan Cegah Kanker Payudara”, pemberian donasi ke Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Yogyakarta dan Lovepink Indonesia (Yayasan Daya Dara Indonesia), lalu ditutup dengan nonton bareng film Pinky Promise, yaitu film tentang perjuangan sekelompok wanita pasien kanker payudara yang awalnya terpuruk lalu menjadi semangat dalam menjalani hidup setelah bertemu dalam sebuah komunitas. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terutama wanita untuk selalu mewaspadai kanker payudara ini, penyakit kanker nomor dua yang paling banyak menyerang wanita setelah kanker serviks.

Dibuka dengan sambutan dari Direktur Utama Rumah Sakit “JIH”, dr. Mulyo Hartana Sp.PD mengatakan bahwa perlu adanya keasadaran dari seluruh masyarakat untuk mencegah kanker payudara, mulai dari melakukan gerakan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) yang bisa dilakukan di rumah, sampai melakukan SADANIS (Pemeriksaan Payudara secara Klinis). Dalam mendukung gerakan SADANIS, Rumah Sakit “JIH” saat ini telah melengkapi alat baru mammografi untuk mendeteksi tumor ataupun kanker payudara sejak dini secara presisi. Selain itu, Rumah Sakit “JIH” juga memiliki paket pemeriksaan khusus wanita di JIH Healthy Life Center, pemeriksaan menyeluruh mulai dari Papsmear, mammografi dan lab tumor marker, untuk mendeteksi gejala kanker payudara dan kanker serviks. Pemberian donasi ke YKI dan Lovepink sebagai organisasi penggiat sosialisasi dan pendampingan pasien kanker yang dikumpulkan dari hasil penjualan tiket diserahkan secara langsung oleh dr. Mulyo Hartana Sp.PD selaku Direktur Utama Rumah Sakit “JIH”.

Acara ini diikuti oleh sekitar 213 orang yang didominasi oleh wanita. Antusiasme juga ditunjukan oleh peserta ketika dr. Mardiah Suci Hardianti, PhD, Sp.PD-KHOM menjelaskan mengenai bahaya dari kanker payudara dan mendemonstrasikan gerakan SADARI dan SADANIS. Acara tambah bermakna, karena peserta juga memakai baju dengan nuansa merah muda (pink) secara serentak yang melambangkan pita pink, sebagai simbol kepedulian terhadap pejuang kanker payudara. Rangkaian acara ditutup dengan menayangkan film yang bertajuk Pinky Promise. Kisah yang menceritakan tentang perjalanan hidup para survivor kanker payudara. Film yang terinspirasi dari kehidupan para survivor kanker payudara ini membuat para peserta Jogja Goes Pink menjadi terharu sekaligus bersemangat, terlihat dari raut wajah para peserta ketika film berakhir dan lampu ruangan sudah mulai dihidupkan.


JIH HEALTHY LIFE CENTER (HLC), BUKAN MEDICAL CHECK UP BIASA

  • 09 October 2017

Saat ini di Indonesia masih menghadapi 2(dua) kondisi masalah kesehatan yang berbeda. Yang pertama adalah Penyakit Menular yang umumnya infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus maupun mikroorganisme lain. Yang kedua adalah Penyakit Tidak Menular, yang umumnya adalah penyakit-penyakit degenerative diantaranya penyakit jantung, diabetes (gula), hipertensi (darah tinggi), dyslipidemia (gangguan metabolisme lemak, yaitu kholesterol dan trigliserida), juga penyakit keganasan (kanker) dan lain-lain. Kedua kondisi tersebut sebetulnya banyak yang preventable ( dapat dicegah), baik dengan deteksi dini, vaksinasi, dan upaya2 medis lain yang tidak sekedar obat (non farmakologis, olah raga ,pengendalian berat badan) dan upaya-upaya promotif. Bagaimana mendeteksi dini dan mencegah penyakit2 tersebut dan apa upaya2 promotifnya ? Itulah yang ingin dicapai dengan HLC sebagai Premium Wellness Center. Deteksi Dini sebagai suatu tindakan antisipatif sudah lumrah untuk dilaksanakan. Apalagi dalam dunia kesehatan, deteksi dini dengan melakukan Medical Check Up (MCU) secara rutin, sudah merupakan kebutuhan saat ini. Namun MCU sebagai deteksi dini masalah kesehatan, umumnya hanya memberi gambaran apakah fungsi organ-organ tertentu tubuh kita “normal” atau tidak. Check Up semacam itu tidak dapat memberikan pada kita “prognosis” atau prediksi kondisi kesehatan kita beberapa tahun yang akan datang, juga tidak memberikan pada kita gambaran seberapa harmonisnya organ-organ tubuh tersebut berfungsi secara komprehensif, sehingga kita dapat melakukan tindakan antisipatif untuk menjaga kesehatan kita. Tentu gambaran tersebut harus dapat disajikan lewat cara-cara yang ilmiah (scientific).

Berlandaskan pemikiran seperti diatas, Rumah Sakit “JIH” mempersembahkan sebuah layanan kesehatan yang sama sekali berbeda dari sisi penyajian pelayanan maupun filosofi dari “MCU” tersebut. Rumah Sakit “JIH” menghadirkan pusat pelayanan kesehatan yang kita sebut “JIH Healthy Life Center” sebagai suatu Premium Wellness Center. Sebagai suatu Wellness Center dimaksudkan disini adalah pusat pelayanan untuk melaksanakan proses aktif untuk lebih menyadari bagaimana untuk menjadi lebih sehat dengan upaya-upaya terpilih guna memenuhi sarat2 “hidup” yang lebih baik. Proses aktif ini berupa suatu rangkaian pemeriksaan dan deteksi, mulai dari beberapa screening umum dan sederhana seperti yang biasa dilakukan, terus mengerucut ke pemeriksaan yang lebih spesifik pada suatu jenis kondisi

kesehatan tertentu. Dari general medical check up terus menuju ke specific medical check up, yang sifatnya individual tegantung masing2 pribadi. Proses ini disajikan secara Premium, yang berarti pelanggan akan dilayani sebagai pribadi-pribadi yang terpilih. “Wellness is more than being free from illness, it’s a state of complete physical, mental and social well being and not merely the abscence of disease or infirmity”

JIH Healthy Life Center (HLC) suatu Premium Wellness Center

Rumah Sakit “JIH” mempersembahkan “JIH Healthy Life Center” sebagai suatu Premium Wellness Center. Sebuah fasilitas pelayanan kesehatan preventive promotif premium yang disajikan pada suatu tempat pemeriksaan kesehatan yang nyaman dan terpadu, dilengkapi alat pemeriksaan kesehatan modern dan lengkap, dilaksanakan oleh Tenaga Medis dan Kesehatan lain yang kompeten dan terlatih khusus, yang akan memberikan pelayanan dan konsultasi kesehatan secara lebih personal. Pelayanan ini bertujuan agar bapak/ibu/saudara mengerti bagaimana sebenarnya kondisi kesehatan bapak/ibu/saudara
dan bagaimana meningkatkan kualitas kesehatan setelahnya dan juga advice dan pelayanan bagaimana melakukan pencegahan penyakit yang tepat dan efisien dengan mengubah lifestyle menjadi lebih healthy.

Mengapa Memilih “JIH” HLC?

  • Pendekatan layanan “wellness” bukan suatu MCU biasa.
  • Pada HLC ini dilaksanakan pemeriksaan komprehensif:
    • Berdasarkan riwayat kesehatan dan kebiasaan atau health lifestyle masa lalu,
    • Pemeriksaan fisik dan laboratorium yang terpilih secara scientific dan mampu untuk mendeteksi
    • Penggunaan formula-formula untuk mengetahui “healthy age” vs “biological age”
    • Sekaligus akan menemukan rekomendasi tindakan preventive promotif terpilih apa yang diperlukan
  • Pendekatan layanan “wellness” ini akan menjadi pertimbangan dan memotivasi bapak/ibu/saudara untuk melakukan perubahan
  • Pilihan paket pemeriksaan sesuai dengan pilihan dan indikasi medis pasien
  • Waktu pemeriksaan hanya 3 jam untuk paket utama Premier.
  • Peralatan medis yang lengkap dan modern
  • Ruang pemeriksaan terpadu premium yang sangat nyaman

Bagaimana Persiapan Melakukan HLC di JIH?

Rumah Sakit “JIH” memberikan banyak kemudahan bagi anda yang ingin memulai hidup lebih sehat dengan mendapatkan pelayanan di HLC Center. Sebelum melakukan HLC, sebaiknya anda melakukan perjanjian terlebih dahulu, agar kami bisa menyiapkan pemeriksaan kesehatan anda lebih baik. Anda bisa melakukan perjanjian melalui telpon 0274-4463535 ext. 242 atau 08112823535, email hlc@rs-jih.co.id. Setelah mendaftar, Staf HLC Rumah Sakit “JIH” akan segera memandu langkah persiapan selanjutnya. Persiapan sebelum mendapatkan pelayanan di HLC Center yang harus Anda lakukan adalah:Menjalankan beberapa persyaratan seperti puasa 8 -10 jam, selama berpuasa Anda masih boleh minum air putih, hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil laboratorium dengan hasil yang lebih akurat, namun Anda tidak diperbolehkan untuk minum minuman berwarna (susu, minuman bersoda,alcohol) dan tidak merokok, tidur cukup selama 6-8 jam.

Ada tambahan untuk pemeriksaan wanita yaitu tidak sedang dalam keadaan haid, minimal 7 hari setelah haid, karena akan mengganggu hasil pemeriksaan urine. Apabila mau melakukan pemeriksaan papsmear, anda tidak boleh melakukan hubungan suami istri dan tidak membilas daerah kewanitaan dengan sabun pembersih selama 2×24 jam sebelumnya. Semua persiapan yang diperlukan sebelum memulai pemeriksaan di HLC Center akan dikirim kepada anda lewat email atau what’s app atau sms atau sarana lain yang anda inginkan

Bagaimana Prosedur Pemeriksaan HLC?

Setelah melakukan pendaftaran HLC dan mempersiapkannya, Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan / wawancara awal seperti riwayat penyakit di keluarga, kegiatan rutin, kebiasaan olahraga, kebiasaan makan, sisi psikologis, sampai dengan pemeriksaan fisik. Tahap selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan oleh unit Laboratorium maupun Radiologi, tergantung dari paket pemeriksaan yang dipilih.

Paket pemeriksaan di HLC unik.
Paket terdiri dari paket dasar, yaitu Paket Premier dan Paket Premier Plus. Sesuai kebutuhan dari indikasi medis yang dirasakan, Pasien bisa menambah paket pemeriksaan tambahan, yaitu Cardiovascular Screening Package untuk pemeriksaan jantung, Neurological Screening Package untuk pemeriksaan jaringan saraf, Woman Screening Package untuk pemeriksaan area kewanitaan lebih detail dan Gastro
Intestinal Screening Package untuk pemeriksaan organ saluran cerna bagian atas maupun bawah, dan lain-ain paket yang dapat dilih seperti misalnya Mammografi dan Bone Mineral Densitometri (BMD)

Pada akhir pelayanan HLC, dengan metode khusus yang dimiliki Rumah Sakit “JIH”, anda dapat mengetahui usia kesehatan (healthy age) dibandingkan dengan usia fisik (biological age). Juga akan disampaikan beberapa prediksi berdasarkan hasil pemeriksaan anda. Disamping itu akan diberi anjuran tentang upaya preventive dan promotif sehingga tujuan sebagai wellness center tercapai. Dokter akan memberikan serangkaian program asupan makanan sehat hingga olahraga yang tepat sesuai dengan usia dan kondisi fisik anda, sehingga setelah mematuhi program yang dianjurkan Dokter, gaya hidup anda akan dimotivasi untuk lebih sehat, sehingga usia fisik andapun diharapkan menjadi sama dengan usia kesehatan anda, atau malah lebih muda?

HLC Sebagai Investasi

Layaknya investasi yang banyak memberikan benefit, dengan melakukan HLC pun memberikan banyak benefit. Benefit pertama adalah sebagai langkah preventif sebelum berbagai penyakit timbul, karena hampir semua penyakit dapat dideteksi gejala dan indikasinya sejak dini sehingga lebih dini lebih mudah dicegah. Benefit kedua adalah biaya pengobatan menjadi lebih murah apabila suatu penyakit diketahui
dan diobati sejak dini. Benefit ketiga tentunya dapat menikmati kehidupan dengan kesehatan berkualitas bersama keluarga dan orang – orang yang kita sayangi.


RS JIH FOKUS PELAYANAN KESEHATAN PREMIUM - Ground Breaking RS JIH Solo

  • 29 September 2017

PT Unisia Medika Farma (UMF) sebagai pemilik RS “JIH” bersama dengan Yayasan Bina Sejahtera Warga Bulog (Yabinstra) melebarkan sayap dengan mendirikan Rumah Sakit JIH di Solo. Bertempat di Jalan Adisucipto 118 Laweyan, Surakarta, dilakukan ground breaking, Jumat (29/9).

Berdiri di lahan seluas 6.400 meter2 dengan luas bangunan 28 ribu meter2, pembangunan RS ‘JIH’ rencananya akan selesai dalam 15 bulan. RS ‘JIH’ Solo akan memiliki 154 kamar yang terdiri dari kelas 1, 2, 3, Utama, VIP, VVIP dan President Suit itu siap beroperasi 15 bulan kedepan.

“Sesuai dengan visi kita, RS ‘JIH’ tidak semata-mata untuk komersil. Namun juga tetap ada sisi sosialnya. Mengingat ini adalah salah satu bagian membantu kesejahteraan warga dan masyarakat,” kata Ketua Pembina Yabibstra, Saddik Ismail.

“Di sekitar sini ternyata belum ada rumah sakit. Ya, sudah akhirnya diputuskan untuk didirikan RS saja agar lebih bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Nilai investasi dari pembangunan ini mencapai Rp 200 miliar. Terbesar di sektor pembangunan fisik dengan Rp 150 miliar sendiri. Ditambah peralatan medis dan sebagainya, total diprediksi Rp 200 miliar.

Saat disinggung keunggulan dari RS ‘JIH’ Solo kurang lebih sama dengan Yogyakarta. Fokus ke pelayanan kesehatan premium. Tentunya tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat Surakarta saat ini seperti apa.

“Saat ini kita berencana membangun RS di Purwokerto dan Semarang. Dengan konsep dan keunggulan yang kurang lebih sama,” kata Ketua Yayasan Badan Wakaf UII Luthfi Hassan.


JIH LENGKAPI ALAT KESEHATAN DENGAN VEIN VIEWER

  • 20 September 2017

Pernah mengalami tangan harus dimasuki jarum beberapa kali pada saat pemasangan infus ataupun sebelum obat injeksi benar-benar disuntikkan ? Jika ya, itu umumnya terjadi lantaran perawat dan dokter susah mencari pembuluh vena yang tepat untuk disuntik. Bisa karena pembuluh darah terlalu tipis, bisa juga karena pasien gemuk sehingga susah untuk dilakukan perabaan.

Rumah Sakit “JIH” saat ini sudah mempunyai alat vein viewer untuk mempermudah perawat dan dokter dalam mencari pembuluh vena sehingga pemasangan infus dan injeksi menjadi lebih mudah.. Vein viewer atau Contrast Enhancer (VCE) merupakan alat untuk melihat posisi vena dengan memanfaatkan prinsip penyerapan cahaya inframerah oleh darah sehingga darah (pembuluh darah) terlihat jelas dan diproyeksikan secara real time pada kulit.

Dengan vein viewer, perawat dan dokter di Rumah Sakit ”JIH” dapat dengan mudah menentukan letak vena. Selain mempercepat juga dapat meminimalisasi rasa sakit yang mungkin ditimbulkan karena harus mengulang atau memposisikan secara tepat posisi jarum. Vein viewer mampu memperlihatkan secara visual letak pembuluh vena yaitu pembuluh yang mengantarkan darah menuju jantung. Vein viewer dapat digunakan pada pasien anak-anak maupun dewasa.

Cara penggunaaan vein viewer sangat mudah yaitu tangan pasien cukup diletakkan di bawah alat sejauh sekitar 30 cm. Kemudian, di kulit pasien akan terlihat garis warna hijau transparan, garis warna hijau transparan itulah yang disebut vena.

Mulai sekarang jangan takut jika akan diinfus maupun diinjeksi, karena alat Vein viewer sudah ada di Rumah Sakit ”JIH”.

Tetap jaga kesehatan ya…


RUMAH SAKIT “JIH” LAKUKAN GROUND BREAKING PEMBANGUNAN GEDUNG RADIOTERAPI CENTER

  • 20 September 2017

Penyakit kanker saat ini menjadi ancaman besar bagi manusia. Seiring dengan penyakit tidak menular lain seperti penyakit Jantung, Diabetes, Hipertensi dan lain-lainnya, penyakit ini makin besar jumlah penderitanya menyingkirkan penyakit infeksi yang menular. Kementrian Kesehatan, jumlah Pasien Kanker di Indonesia mencapai hampir 350.000 orang. Dikenal juga modalitas utama pengobatan penyakit kanker yaitu Bedah Khemoterapi dan Radioterapi. Radioterapi adalah terapi menggunakan radiasi dari energi radioaktif yang bertujuan untuk menghancurkan sel kanker, sehingga sel tidak dapat membelah yang akhirnya menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel2 kanker.

Namun terus meningkatnya jumlah Pasien Kanker di Indonesia, belum diimbangi dengan peningkatan jumlah pusat-pusat radioterapi. Saat ini saja antrian Pasien kanker untuk bisa dilakukan radioterapi rata – rata mencapai lebih dari satu tahun. Padahal Pasien kanker membutuhkan pengobatan sesegera mungkin sebelum sel kanker semakin menjalar, semakin dini Pasien kanker diberikan pengobatan, semakin tinggi kemungkinan untuk sembuh dari kanker. Disamping tentu saja deteksi dini penyakit kanker itu sendiri.

Menjawab persoalan ini, Rumah Sakit “JIH” memberikan kabar baiknya, pada hari Rabu, 20 September 2017 telah dilakukan ground breaking / peletakan batu pertama pembangunan gedung Radioterapi Center. Peletakan batu pertama ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Badan Wakaf UII, Jajaran Direksi dan Manajemen Rumah Sakit “JIH” dan Jajaran Direksi dan Manajemen PT. Sumber Medika Sakti sebagai mitra Rumah Sakit ”JIH”. Pembangunan gedung Radioterapi Center dilakukan atas kerjasama antara Rumah Sakit ”JIH” dan PT. Sumber Medika Sakti dengan skema BOT (Build Operation Transfer) dan akan selesai kurang dari satu tahun.

Layanan Radioterapi Center di Rumah Sakit “JIH” sudah menggunakan teknologi baru yakni Linear Accelerator (Linac) yang berbeda dengan radioterapi klasik menggunakan bahan radioaktif. Teknologi ini membebaskan kita dari bahaya radioaktif seperti cobalt, radium yang digunakan pada teknologi terdahulu. Sinar X yang keluar untuk menyinari sel kanker mempunyai kekuatan 100-200 kali dari sinar X pada alat rontgen, diarahkan oleh Collimator untuk mematikan sel kanker dengan presisi fungsi. “Pada teknik ini, dokter dapat memberikan intensitas radiasi yang sesuai dengan bentuk tumor dan sesuai target, tidak menyasar jaringan sehat di sekitar tumor. Manfaatnya, pengobatan bisa dilakukan lebih cepat dengan tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan teknik radioterapi terdahulu” ujar dr. Mulyo.

Selain kecanggihan alat radioterapi dan gedung Radioterapi Center yang didesain nyaman khas Rumah Sakit “JIH”, keunggulan lain Radioterapi Center Rumah Sakit “JIH” adalah memiliki dua alat radioterapi sekaligus yang ditempatkan di dua ruang bunker terpisah. Alat radioterapi pertama dengan sinar Single Beam dan kedua memiliki sinar Multi Beam, penggunaan masing – masing alat ini digunakan sesuai jenis dan stadium kanker yang akan diterapi. Dinding ruang bunker juga dibuat dengan ketebalan hampir 2 meter dan dilapisi lapisan plat timah khusus agar aman dari efek radiasi.

Direktur Utama Rumah Sakit “JIH”, dr. Mulyo Hartana, Sp.PD mengharapkan keberadaan Layanan Radioterapi Center dapat menjadi solusi dan mempercepat pengobatan Pasien kanker dengan radioterapi khususnya di Yogyakarta dan Indonesia. Rencananya layanan ini juga akan melayani Pasien BPJS.


JIH HADIRKAN BERBAGAI EVENT DI KEMERDEKAAN RI

  • 28 August 2017

Rumah Sakit “JIH” menyelengarakan event donor darah untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 dengan tema ‘Semangat Juang Berbagi Untuk Sesama’. Event ini hasil kerjasama Rumah Sakit “JIH” bersama Komunitas Warga Purwakartadan Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman.

Suasana pagi itu (26/8) lalu yang diselenggarakan di Poli Utara Gedung Baru Rumah Sakit “JIH” beberapa komunitas Warga Purwakarta, masyarakat, pengunjung dan karyawan Rumah Sakit “JIH”, terlihat antusias dalam mengikuti dan memeriahkan event tersebut.

Aksi ini diikuti kurang lebihnya dihadiri oleh 150 orang peserta yang bersedia menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama melalui PMI Sleman. Event yang selalu ruti diadakan oelh Rumah Sakit “JIH” setiap tiga bulannya ini merupakan program Corporate Social Responsibility atau
kegiatan sosial sebagai salah satu bentuk kepedualian kebutuhan kantong – kantong darah di PMI dan dalam kegiatannya Rumah Sakit “JIH” menggandeng beberapa komunitas yang ada di Jogjakarta maupun di luar Jogja.

Donor darah tidak hanya bermanfaat untuk membantu menyelamatkan hidup bagi yang membutuhkan , bagi pendonor pun mendapat manfaat yang luar biasa dari melakukan donor secara rutin, misalnya memperbarui sel - sel darah baru, meningkatkan sel darah merah , menjaga kesehatan jantung , membuat darah mengalir lebih lancer, dan menjadi salah satu gaya hidup lebih sehat.

Tidak hanya itu saja, pada hari yang sama Rumah Sakit “JIH”mengadakan Mother Class yang merupakan program parenting yang diadakan setiap bulannya untuk memberikan edukasi dan informasi terkini mengenai kesehatan Ibu dan Anak dan memberikan jawaban atas pertanyaan – pertanyaan seputar kesehatan, dengan berbagai topik yang berbeda setiap bulannya. Kemarin (26/8) di Auditorium Lt. 5 Rumah Sakit “JIH” menghadirkan dua pembicara yaitu dr Intan Titisari, Sp.OG yang mengupas mengenai permasalahan-permasalahan persiapan kehamilan dan juga program kehamilan atau program ingin anak. dr Rahma Yuantari, Sp.PK dokter spesialis patologi klinis Rumah Sakit “JIH” ini mengulas dan membawakan tema berkaitan dengan berbagai pemeriksaan laboratorium untuk persiapan kehamilan termasuk salah satunya test sperma. Pemeriksaan yang komprehensi untuk menghadirkan yang teristimewa memang disarankan untuk melakukan pemeriksaan bagi pasangan suami istri atau dapat dilakukan pada pasangan yang akan melakukan persiapan pernikahan.


JIH KEMBALI RAIH SERTIFIKASI HALAL

  • 21 August 2017

Rumah Sakit “JIH” kembali memberikan kabar baiknya, mendapatkan sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Rumah Sakit “JIH” resmi halal MUI untuk produk Menu Makanan dan minuman Rumah Sakit (Pasien). Hal ini ditandai dengan diserahkannya sertifikat halal kepada Rumah Sakit “JIH” yang diwakili oleh Kepala Unit
Layanan Gizi Kartika Nur Fitriani, S.Gz.,Dietizien.,MPH, di kantor MUI (13/6) yang lalu.

Dengan diterimanya dan pengakuan sertifikat halal dari MUI ini kami menjamain semua produk-produk menu makanan dan miuman yang disajikan kepada pasien dan keluarga penunggu terjamin halal dan memotivasi Rumah Sakit “JIH” untuk memberikan kualitas terjamin dan berusaha mempertahankan kepercayaan customer.

Untuk mendapatkan sertifikasi halal terdapat empat tahapan yang harus dilakukan RS “JIH” , yaitu pengajuan permohonan, penyerahan dokumen, pemeriksaan atau audit serta pascapengajuan permohonan sertifikasi. Setelah disetujui, sertifikat halal berlaku selama dua tahun, yang sebelumnya JIH sudah mengantongi sertifikasi halal pada tahun 2015 lalu. Dengan sertifikasi halal ini memberikan jaminan kualitas masakan dan makanan bagi pasien terjaminan dari kualitas dan pengolahannya. *ny


SEMANGAT KEMERDEKAAN, JIH TAWARKAN SPECIAL PROMO

  • 08 August 2017

Kanker, siapa yang tidak mengenal satu penyakit ini, satu penyakit yang menjadi momok menyeramkan bagi siapapun. Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks ini menjadi peringkat ke dua setelah kanker payudara, dan mayoritas yang terserang adalah para kaum perempuan. Banyak yang menjadi faktor penyebab terjadinya kanker serviks ini seperti melakukan seks bebas dengan berganti-ganti pasangan, keluarnya cairan yang tidak normal pada Miss V berwarna kecoklatan dan berbau, ada sensasi nyeri saat dan atau setelah berhubungan. Walau banyak orang memiliki Human Papilloma Virus (HPV), ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks seperti salah satunya kontak seksual dengan banyak pasangan, penyakit menular seks (PMS).

Rumah Sakit “JIH” sebagai rumah sakit yang mendukung kesehatan ibu dan anak, pada bulan Agustus ini memberikan special offering Kemerdekaan RI 72 Tahun mulai tanggal 3 s/d 31 Agustus 2017 sebesar 20% untuk paket vaksin ( Gradasil atau Cervarix) dan 15% untuk paket papsmear. Papsmear yang disarankan bagi perempuan yang sudah seksual aktif dapat dilakukan secara berkala setiap tahunnya. Hal ini dapat menjadi salah
satu langkah awal untuk mengetahui adanya kanker serviks. Jika hasil papsmear baik maka bagi perempuan dengan seksual aktif dapat melakukan vaksin HPV untuk mengoptimalkan langkah preventif ini. Pemberian vaksin HPV baik mulai dari usia 10 tahun atau pada perempuan yang sudah seksual aktif. Pemberian vaksin dan pemeriksaan papsmear ini dapat dilakukan dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Rumah Sakit “JIH”.


JIH AJAK! LANGKAH NYATA CEGAH KANKER SERVIKS

  • 04 August 2017

Pahami gejala, penyebab, faktor resiko dan cara pencegahan kanker serviks. Kanker serviks merupakan kanker yang menduduki urutan ke dua setelah kanker payudara, yang bisa mengancam dan menyerang perempuan manapun. Lakukan langkah nyata untuk cegah kanker serviks sedini mungkin. Rumah Sakit “JIH” Jumat (4/8) ini bersama dengan komunitas pengajian Samara Yogyakarta melakukan talkshow yang dibahas secara ringan dan edukatif dengan tema ‘Langkah Nyata Cegah Kanker Serviks’ dipandu langsung oleh dr Martian Filosofia, dokter Healthy Life Center Rumah Sakit “JIH” banyak menjelaskan penyebab terjadinya kanker serviks, dan bagaimana para perempuan harus lebih memperhatikan kesehatannya dan lebih aware pada gejala – gejala yang dialami seperti pendarahan yang tidak normal pada saat berhubungan atau setelah berhubungan, cairan yang keluar pada Miss V yang berbau dan berwarna coklat dan mengandung darah, nyeri pada bagian pelvis atau panggul, menstruasi yang diluar siklus. Walau banyak orang memiliki Human Papilloma Virus (HPV), ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks seperti salah satunya kontak seksual dengan banyak pasangan, penyakit menular seks (PMS). Talkshow yang diadakan di Masjid JIH banyak menggundang antusias dari para jamaah ini dan partisipasi dalam tanya jawab dengan dokter.

Dengan faktor resiko yang ada, kanker serviks dapat dilakukan pencegahan yang bisa dilakukan secara berkala seperti Papsmear, pemeriksaan Colposcopy untuk mengetahui keadaan leher rahim. Penggunaan metode ini adalah untuk melihat perubahan sel pada leher rahim. Colsposcope akan digunakan untuk memperbesar mulut rahim, kemudian dengan menggunakan larutan asam asetat dokter akan mengevaluasi seluruh permukaan mulut rahim. Penegakkan diagnose dengan salah satu pemeriksaan tersebut akan menjadi salah satu alternative upaya untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Untuk mengoptimalkan langkah preventif ini dapat dilakukan dengan pemberian vaksin HPV baik mulai dari usia 10 tahun atau pada perempuan yang sudah seksual aktif.

Rumah Sakit “JIH” sebagai rumah sakit yang mendukung kesehatan Ibu dan Anak menjadi salah satu program unggulan, dan pada bulan Agustus ini sebagai bulan campaign untuk merdeka dari kanker serviks dan melakukan langkah kongret dalam mencegah kanker serviks . Upaya dan ajakan ini dikemas dengan special offering paket Papsmear 15% dan paket vaksin (Gradasil atau Cervarix) 20%. Special offering di hari Kemerdekaan RI ke 72 Tahun mulai tanggal 3 s/d 31 Agustus 2017. Be Aware, Be Care, Do Check Up. *ny


PERUBAHAN JAM PELAYANAN FISIOTERAPI

  • 02 August 2017

Pijat bayi merupakan salah satu stimulasi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi dengan memberikan stimulasi pijatan, raba, dan gerak. Pemberian stimulasi pijat pada bayi dapat dilakukan sejak bayi lahir dan maksimal usia 1 tahun. Manfaat dari pijat bayi pada kondisi khusus seperti meningkatkan frekuensi menyusu bayi, berat badan bayi, membantu memberikan relaksasi bayi sehingga bayi tidur lebih lelap dan lama.

Rumah Sakit “JIH” yang berkomitmen pada program pelayanan kesehatan Ibu dan Anak memberikan informasi terbaru berkaitan dengan pelayanan fisioterapi Ibu dan Anak yang mulai 1 Agustus 2017 ini jam pelayanan menjadi jam 08.00 – 17.00 WIB yang sebelumnya pagi jam 09.00 – 11.00 WIB dan sore jam 15.00 – 17.00 WIB. Tidak hanya itu saja kabar baik yang diinformasikan oleh Rumah Sakit “JIH” namun bagi Anda yang ingin melakukan terapi fisioterapi di JIH dapat memilih slot waktu sesuai dengan kebutuhan Anda. Waktu yang tersedia dalam slot waktu pelayanan Fisioterapi yang dapat dipilih adalah sebagai berikut :

PAGI SIANG SORE
08.00 – 09.00 WIB 11.00 – 12.30 WIB 15.30 – 16.30 WIB
09.00 – 10.00 WIB 12.30 – 13.30 WIB 16.30 – 18.00 WIB
10.00 – 11.00 WIB 14.15 – 15.30 WIB 18.00 – 19.00 WIB
19.00 – 20.00 WIB
20.00 – 21.00 WIB



Dengan jam pelayanan lebih pagi diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan di Fisioterapi Rumah Sakit “JIH”. Informasi lebih lanjut hubungi Admisi
Fisioterapi di (0274) 446 3535 ext 8109. *ny


EASY ACCESS SERVICES, WUJUD LAYANAN PRIMA JIH

  • 31 July 2017

Kabar baik selalu dibagikan oleh Rumah Sakit “JIH” untuk semakin berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan yang prima pada masyarakat. Kabar terkini Rumah Sakit “JIH” melakukan perubahan pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang lebih terintegrasi dan tentunya memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam menikmati pelayanan kesehatan yang modern.

System Informasi Manajemen Rumah Sakit yang baru saat ini berfungsi mempercepat proses pelayanan dan mengurangi kesalahan data medis yang mungkin terjadi. Semua tindakan medis dan data pasien tercatat secara terintegrasi dan akan terekam dengan baik, sehingga proses perawatan dan pengobatan menjadi transparan. Kemudahan lainnya yang diberikan adalah masyarakat juga dapat melakukan Self Registrasion saat melakukan pengobatan rawat jalan di Rumah Sakit “JIH” ini yang akan memperpendek waktu antrian dan lebih nyaman. Pasien yang sudah memiliki nomor rekam medis di RumahSakit “JIH” dapat langsung mengisikan data diri seperti nomor rekam medis, tanggal lahir, dan nama lengkap dan kemudian memilih dokter atau poliklinik yang akan dikunjungi di anjungan yang sudah disediakan. Tidak lebih dari dua menit dalam self registrasion ini pasien akan membawa print nomor antrian ke bagian nurse stations untuk mendapatkan assessment oleh perawat dan berkonsultasi ke dokter, melakukan penunjang medik jika diperlukan dan melakukan pembayaran sekaligus pengambilan obat.

alur pendaftaran sistem baru
alur pendaftaran sistem baru

JIH AKAN TERAPKAN GREEN HOSPITAL CONCEPTS

  • 21 July 2017

Rumah Sakit “JIH” hadir di Jogjakarta sebagai rumah sakit modern dan berbasis syariah dengan mengutamakan keselamatan pasien, Kamis lalu (20/7) mendapatkan kunjungan dari The Global Green and Healthy Network Filipina yang saat itu diwakili oleh Ms. Moresa John Rome T. Reyes bertemu Direktur Utama dr. Mulyo Hartana, Sp.PD dan Direktur Operasional bersama jajarannya. Saat ini masyarakat semakin bijak memilih rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan bagi keluarga. Image rumah sakit dapat dilihat dari factor services, fasilitas yang dihadirkan, bangunan yang tidak menyeramkan, bersih, free access seperti parkiran luas dan mudah, ruang tunggu yang nyaman, sampai dengan ruang rawat inap menjadi referensi tersendiri untuk pertimbangan dirawat.

Dengan demikian Rumah Sakit “JIH” dalam pelayanannya memiliki komptmen untuk menghadirkan premium and excellent services dari segala factor untuk meningkatkan daya tarik sendiri bagi masyrakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sentuhan yang berbeda. Lingkungan rumah
sakit yang nyaman, bersih, asri, dan tentunya berwawasan lingkungan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Rumah Sakit “JIH” untuk memberikan dan mendukung kesembuhan pasien yang lebih baik. Green hospital concept yang akan segera dicanangkan JIH tidak hanya terbatas pada konsep penghijauan tetapi juga secara keseluruhan mulai dari konsep gedung, pencahayaan, manajemen, pengelolaan air, transportasi, area hijau, pengelolaan sampah dan limbah kimia

Dengan ruang hijau pada area rumah sakit yang sudah saat ini maka menciptakan kualitas udaranya yang semakin baik, dan memberikan kontribusi udara yang bersih bagi rumah sakit. selain itu dengan menerapkan green hospital concepts proses penyembuhan pasien menjadi sangat ideal, sehingga dengan konsep tersebut mendukung keselamatan dan kesehatan pasien, serta pihak internal rumah sakit. *ny


TIM MEDIS SIAP SIAGA, DIPERHELATAN TEMPLE RUN 2017

  • 17 July 2017

Perhelatan Sleman Temple Run yang diadakan selama dua hari yang lalu (15-16/7) di Tebeing Breksi. Prambanan diikuti oleh 570 peserta baik dari Indonesia maupun mancanegara. Event yang dibuka langsung oleh Bupati Sleman Sri Purnomo pada Minggu (16/7) mengantarkan langsung para peserta lari untuk menyusuri tracking yang tidak mudah untuk ditaklukan ini. Tracking yang dilalui melewati objek wisata candi yang menjadi kebanggaan Kota Sleman.

RS “JIH” dipercaya sebagai medical partner dalam event ini, menghadirkan tim medis yang terdiri dari tim paramedic dan dokter, siap siaga untuk merespon cepat terjadinya kondisi emergency yang sewaktu – waktu dapat dialami oleh para peserta dari berbagai usia ini. Kondisi yang sempat terjadi adalah beberapa peserta setelah tiba di garis finish ditangani oleh tim medis dengan kondisi dehidrasi berat, nyeri dada, dan nyeri perut/ kram perut, hal ini dialami oleh beberapa beserta dikarenakan kurangnya pemanasan sebelum mulainya running, namun hal tersebut teratasi dengan baik.


JIH SIAPKAN TIM SIAGA 24 JAM SAAT LEBARAN

  • 20 June 2017

Mudik merupakan tradisi tahunan bagi umat muslim di Indonesia yang tentunya tidak bisa dipisahkan dengan lebaran. Saat – saat seperti lebaran waktu dimana berkumpul bersama dengan keluarga. Suasana lebaran sudah terasa semakin dekat dan sejumlah persiapanpun sudah pasti dilakukan oleh sebagaian besar masyrakat terkhususnya umat islam. Tak terkecuali bagi rumah sakit untuk menyambut lebaran yang jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017 yang akan datang. Tim Siaga 24 Jam disiapkan untuk menghadapi lebaran, ditemui dalam keterangan pressnya Direktur Medik & Keperawatan RS “JIH” DR. dr Bambang Hastha Yoga, Sp.KJ menjelaskan bahwa dokter dan perawat serta petugas medik dipastikan standb untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pengobatan.

“Dokter dan perawat kami siagakan terutama Unit Gawat Darurat kami siagakan penuh, tidak hanya itu saja tetapi kami lengkapi tim dengan Tim Siap Panggil 24 Jam yang cepat tanggap untuk memaksimalkan layanan kegawatdaruratan yang terjadi di rumah ataupun kecelakaan lalu lintas” jelasnya.

Layanan 24 Jam juga disiapkan RS “JIH” seperti Radiologi dan Laboratorium. Libur lebaran tidak menjadi suatu halangan untuk tetap memberikan layanan prima untuk masyarakat, ini sudah menjadi komitmen RS “JIH”. ‘ Poliklinik rawat jalan RS “JIH” akan mulai libur pada tanggal 25 – 27 Juni 2017, dan akan kembali buka seperti biasanya pada hari Selasa, 28 Juni 2017’ tutupnya.


EDUKASI INFORMATIF ‘NGAJI SEHAT ON FACEBOOK’

  • 15 June 2017

Program Ngaji Sehat On Facebook hasil kerjasama RS “JIH” dan Tribun Jogja, acara yang berlangsung selama 30 menit menjelang berbuka puasa ini merupakan diaglog interaktif dan komunikatif yang langsung dapat ditonton secara langsung melalui media social Facebook. Dialog interaktif ini disirakan langsung oleh Tribun Jogja sebagai official media partner, dengan menghadirkan narasumber seorang dokter spesialis dari RS “JIH”. Topik bahasan yang menjadi tema setiap harinya selama puasa sangat beragam mulai dari pembahasan hikmah puasa bagi kesehatan, problematika ibu hamil saat berpuasa, keluhan – keluhan saat puasa seperti bau mulut, mengajarkan anak berpuasa, puasa bagi penderita diabtes, maag, sampai dengan membahas tips mudik sehat bagi ibu hamil dan masih banyak lagi. Topik ini sampai membahas tips sederhana yang tentunya dapat diaplikatifkan oleh penonton.

Dialog interaktif ini tidak hanya menyuguhkan berbagai informasi kesehatan saja tapi penonton yang live streming juga dapat berinteraksi langsung dengan para narasumber. Sebagai teman saat ngabuburit program ini banyak sekali manfaatnya untuk membuat puasa lebih bugar dan tentunya menjawab setiap keluhan Anda selama menghadapi bulan puasa ini. Ngabuburit bersama RS “JIH” dalam Ngaji Sehat On Facebook bersama Tribun Jogja. *ny


KEGIATAN TAHUNAN JIH BERBAGI BERSAMA PANTI ASUHAN

  • 15 June 2017

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan. Sebagai salah satu rangkaian acara selama bulan Ramadhan 1438H, Rumah Sakit “JIH” menggelar acara buka bersama dan pemberian tali kasih di Panti Asuhan Yatim Dhu’afa Al Ma’ruf, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Acara yang diadakan pada Senin (12/6) dihadiri oleh Jajaran Direksi Rumah Sakit “JIH”, Pengurus Jogja Indonesia Hospital Women Association (JIHWA) dan Pengurus Rumah Yatim dan Dhu’afa Al Ma’ruf.

“Rangkaian acara buka bersama ini adalah mengaji bersama, tausyiah ramadhan, shalat magrib berjamaah, buka bersama, pemberian santunan, pemberian bingkisan alat tulis dan perlengkapan sekolah kepada anak-anak panti asuhan, serta pemberian donasi untuk kegiatan operasional Rumah Yatim dan Dhu’afa Al Ma’ruf,” terang dr Mulyo Hartana Sp. PD, selaku Direktur Utama Rumah Sakit “JIH” disela-sela acara buka bersama.

Seffudin Sudarmadi selaku Kepala Departemen Pemasaran dan Layanan Pelanggan menambahkan, “Acara buka bersama dan tali kasih ini merupakan salah satu rangkaian program Ramadhan Berbagi yang rutin diadakan regular setiap tahunnya. Mewujudkan keinginan untuk memuliakan anak yatim piatu dengan jalan memberikan santunan atau bantuan untuk meringankan biaya pendidikannya, dengan harapan mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak lainnya, dan tetntu saja berbagi kebersama dengan mereka.” Tutur Seffudin. *ny


KENALI USIA EMAS TUMBUH KEMBANG ANAK

  • 24 May 2017

Tumbuh kembang anak berlangsung dengan uniknya, karena setiap organ tubuh anak mempunyai pola pertumbuhan yang berbeda dengan kecepatan yang tidak sama pada setiap tahapan usianya. Sebagai orang tua tentunya sangatlah ingin mengetahui setiap tahapan – tahapan ini disetiap
usianya. Rumah Sakit “JIH” menyelenggarakan talkshow yang bertajuk ‘Mempersiapkan Tumbuh Kembang Anak Di Usia Emas’ pada hari Minggu lalu (21/5) di Auditorium Lt. 5 Rumah Sakit “JIH”.

Event yang berlangsung dari jam 08.00 – 15.00 WIB menghadirkan dua narasumber yang pakar pada bidangnya yaitu dr Sari Kusumastuti, Sp.A spesialis anak Rumah Sakit “JIH” yang concern pada kesehatan dan tumbuh kembang anak menyampaikan materi mengenai ‘Mempersiapkan Tumbuh Kembang Anak Di Usia Emas’, dalam materinya juga disampaikan juga tahapan-tahapan tumbuh kembang anak di setiap tahapannya dan juga mempersiapkan Kebutuhan-kebutuhan Dasar Anak agar tumbuh kembang secara optimal . Pembicara ke dua yang sekaligus menjadi juri pada lomba senyum sehat anak pada event itu drg Mirza Mangku Anom juga memiliki materi yang tak kalah menariknya. Materi Menjaga dan Merawat Gigi pada Anak, yang menngulas secara mendalam mengenai kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi pada anak seperti kebiasaan mengunakan dot secara tidak terkontrol, mengisap ibu jari yang merupakan kebiasaan kebanyakan anak-anak, dan makan kembang gula
serta membiasakan anak untuk menjaga kesehatan dan merawat gigi sejak dini. Antusias sangat terlihat saat sesi tanya jawab dengan para narasumber oleh para peserta yang mayoritas di hadiri oleh para orang tua beserta anak-anaknya.

Rangkaian talkshow ini semakin meriah dengan adanya berbagai lomba untuk para buah hati dari fashion show anak, baby dancing, lomba photo booth, dan baby ortho yaitu lomba tentang kesehatan gigi anak. Ditemui disela-sela acara Kepala Departemen Marketing dan Pelayanan Pelanggan RS “JIH” yang akrab disapa Dhien ini menuturkan ‘Acara seperti ini akan terus dan continue kita aakan untuk memberikan kesadaran para orang tua terhadap tahapan pertumbuhan anak disetiap periodenya sehingga golden age bisa tumbuh secara optimal. Ini juga mendukung salah satu program JIH yaitu poli tumbuh kembang yang dalam waktu dekat akan di launching. Sebagai rumah sakit yang ramah da sayang anak RS “JIH” memiliki komitmen untuk menghadirkan pelayanan yang prima khususnya untuk kesehatan ibu dan Anak’. *ny


RILIS SEHAT DAN BUGAR BAGI DIABETESI SAMBUT BULAN RAMADHAN

  • 24 May 2017

Yogyakarta- Tak terasa beberapa minggu lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Tentunya banyak persiapan yang harus diperhatikan,terutama perihal kesehatan. Maka dari itu pada tanggal 20 Mei 2017 pihak Rumah Sakit JIH mengadakan seminar kesehatan yang bertemakan “Diabetes Melitus Pada Bulan Ramadhan”. Seminar kali ini pihak Rumah Sakit JIH bekerja sama dengan pihak Diabetasol yang diselenggarakan di Auditorium lantai 5 Rumah Sakit JIH dari pukul 08:00 hingga pukul 12:00 WIB.

Seminar ini diperuntukan untuk masyarakat umum dengan tiket masuk Rp. 35.000 per orang. Acara seminar kali ini diisi oleh Dr. Moch. Kholimul Rouf, Sp.PD dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit JIH dan Kartika Nur Fitriani, RD.,MPH ahli gizi Rumah Sakit JIH. Diadakannya seminar “Diabetes Melitus Pada Bulan Ramadhan” ini bertujuan agar masyarakat mengetahui cara mempersiapkan serta menyikapi Diabetes Melitus pada bulan suci Ramadhan mendatang.

Acara ini berlangsung meriah dan antusias dari peserta yang hadir dan dimeriahkan dengan pengundian doorprize. Tak hanya itu,setiap peserta juga berhak mendapatkan goodie bag yang berisi beberapa produk dari Diabetasol dan Rumah Sakit “JIH”. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan peserta dalam seminar ini antara lain peserta mendapatkan fasilitas cek gula darah secara gratis dan sesi tanya jawab yang memungkinkan peserta dapat berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi Rumah Sakit JIH.

Dalam sambutan Kepala Departemen Marketing dan Pelayanan Pelanggan, Seffudin Sudarmadi,S.Kom.,MBA atau yang akrab disapa Dhien ini menuturkan event ini diharapkan akan lebih membuka wawasan masyarakat dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini muncul di benak masyarakat tentang penyakit Diabetes Melitus, khusnya pada saat puasa. Sehingga masyarakat dapat lebih menerapkan pola hidup yang sehat pada bulan suci Ramadhan mendatang dan juga meningkatkan kesadaran terhadap penyakit Diabetes Militus. Pada event ini juga mengajak para peserta untuk melawan penyakit diabetes militus dengan pola gaya hidup sehat dan check up secara berkala.


Lomba Hand Hygiene Dance di Jogja PERSI EXPO 2017

  • 20 May 2017

Pada 8 hingga 10 Mei 2017 telah berlangsung Jogja PERSI EXPO 2017 yang diselenggarakan oleh Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daerah Istimewa Yogyakarta di Hotel Alana Yogyakarta. Acara yang meriah ini dibuka dengan acara pembukaan yang menampilkan tari-tarian Yogyakarta sebagai hiburan selamat datang bagi peserta Jogja PERSI EXPO 2017 yang berasal dari seluruh Indonesia.

Dalam acara tersebut diadakan lomba hand hygiene dance yang diikuti oleh beberapa rumah sakit dari seluruh Indonesia. Rumah Sakit JIH menjadi salah satu peserta lomba Hand Hygiene Dance dan alhamdulillah masuk dalam 3 besar.

Sahabat JIH, penularan penyakit banyak ditularkan oleh tangan yang tidak dijaga kebersihannya. Oleh karena selalu cuci tangan dengan sabun setelah dan sebelum melakukan aktifitas ya


LIBURAN 11 MEI 2017, POLIKLINIK TETAP BUKA

  • 10 May 2017

Menikmati liburan bersama keluarga tercinta yang bertepatan dengan tanggal merah yang jatuh pada 11 Mei 2017, Rumah Sakit “JIH” akan tetap terus memberikan pelayanan baik yang meliputi rawat jalan poliklinik yang tetap buka seperti biasa :

1. Poliklinik Penyakit Dalam

2. Poliklinik Anak

3. Poliklinik Gigi & Mulut

4. Poliklinik Dokter Umum

5. Poliklinik Saraf

6. Poliklinik Bedah

Ini merupakan bentuk dari konsistensi dan komitemen pelayanan kesehatan Rumah Sakit “JIH” dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. dan demi kenyamanan layanan dan informasi terkini silahkan menghubungi Call Center RS “JIH” di (0274) 446 3535 ext 115/ 237/ 100. Serta untuk mendapatkan informasi fasilitas dan layanan RS “JIH” dapat dilihat di website www,rs-jih.co.id. Kami juga menyediakan nomor telepon Tim Medis Siap Panggil 24 Jam (0274) 446 3555 jika ada pasien dalam keadaan emergency.


JIH ADAKAN PELATIHAN DAN PEMANTAPAN AKTIVASI CODE BLUE

  • 10 May 2017

Terjadinya kegawatdaruratan dapat terjadi dimana dan kapan saja di lingkungan rumah sakit, kejadian ini bisa dialami oleh pasien, keluarga pasien, maupun petugas rumah sakit itu sendiri. Contohnya seperti kasus seseorang terjatuh, lalu tidak sadarkan diri, nyawa orang ini tentu terancam, sehingga mengakibatkan kegawatan. Kasus tidak sadarkan diri pada seseorang bisa disebabkan karena mengalami serangan jantung, gagal nafas, hipoglikemia atau kurangnya gula dalam darah, dll.

Hal inilah yang melatarbelakangi RS “JIH” menyelenggarakan Pelatihan Sistem Code Blue. CODE BLUE adalah kode isyarat yang digunakan dalam rumah sakit yang menandakan adanya seorang pasien yang sedang mengalami serangan jantung, mengalami situasi gagal nafas akut, dan situasi darurat lainnya yang menyangkut dengan nyawa pasien. Rumah Sakit biasanya memiliki Tim Code Blue yang menjalankan, merawat dan mengevaluasi sistem code blue.

Pelatihan Sistem Code Blue yang diselenggarakan selama dua hari sejak Sabtu (6/5) hingga Minggu (7/5) di Auditorium RS “JIH” ini bekerjasama dengan PERDATIN (Persatuan Dokter Anastesi dan Terapi Intensif) Wilayah Yogyakarta – Departemen Anestesi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta. Pelatihan ini diikiuti oleh karyawan dari berbagai unit kerja non medis dan medis. Pada sambutan pembukaan pelatihan oleh Direktur Utama RS “JIH” ‘Pelaksanaan pelatihan Sistem Code Blue ini diharapkan dapat memaksimalkan strategi pencegahan, aktivasi code blue rumah sakit, resusitasi jantung paru, dan penanganan respon cepat pada pasien yang mengalami kritis di lingkungan rumah sakit khususnya. Tim code blue nanti ada tim primer yang terdiri karyawan yang berada di garda depan yang harus paham betul dengan bagaimana menghadapi dan menyelamatkan pasien yang tiba-tiba tidak sadarkan diri untuk memberikan Bantuan Hidup Dasar. Selanjutnya
Tim Sekunder yang terdiri dari tim dokter dan perawat yang lebih ahli dan professional bergerak dalam penanganan lanjutan atau Bantuan Hidup Lanjut’ paparnya. Penangan code blue ini memerlukan rangkaian prosedur dan protokol dari tim yang mempunyai pelatihan khusus sehingga penyelamatan nyawa pasien pada tahap kritis dapat ditangani.

Pencapaian yang ditargetkan dari pelatihan code blue system RS “JIH” ini adalah menyegarkan kembali pengetahuan tim code blue yang banyak terdiri dari anggota baru, serta mengulas dan memperbaiki kembali sistem code blue saat ini. *ny


LIBUR PANJANG 1 MEI 2017, POLIKLINIK TETAP BUKA

  • 30 April 2017

Menikmati libur panjang bersama keluarga tercinta yang bertepatan dengan tanggal merah yang jatuh pada 1 Mei 2017, Rumah Sakit “JIH” akan tetap terus memberikan pelayanan baik yang meliputi rawat jalan poliklinik yang tetap buka seperti biasa :

1. Poliklinik Penyakit Dalam

2. Poliklinik Anak

3. Poliklinik Gigi & Mulut

4. Poliklinik Dokter Umum

5. Poliklinik Saraf

Ini merupakan bentuk dari konsistensi dan komitemen pelayanan kesehatan Rumah Sakit “JIH” dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. dan demi kenyamanan layanan dan informasi terkini silahkan menghubungi Call Center RS “JIH” di (0274) 446 3535 ext 115/ 237/ 100. Serta untuk mendapatkan informasi fasilitas dan layanan RS “JIH” dapat dilihat di website www,rs-jih.co.id. Kami juga menyediakan nomor telepon Tim Medis Siap Panggil 24 Jam (0274) 446 3555 jika ada pasien dalam keadaan emergency.


PERINGATAN HARI KARTINI RS “JIH” BERIKAN APRESIASI

  • 22 April 2017

Dalam rangka memperingati Hari Kartini pada Jumat kemarin (21/4) RS “JIH” membagikan bingkisan sebagai apresiasi bagi Ibu yang telah berjuang melahirkan Buah Hatinya. Bingkisan diberikan kepada empat Ibu
yang melahirkan tepat di tanggal 21 April di Rumah Sakit JIH. Bingkisan yang diberikan berupa satu set produk perawatan dan perlengkapan bayi dibagikan langsung pada hari itu oleh Perwakilan Manajemen Rumah Sakit JIH. Selain memberikan bingkisan, pasien Ibu juga diberikan edukasi bagaimana melakukan perawatan pasca melahirkan bagi Ibu dan Buah Hatinya agar senantiasa sehat. Seperti perawatan masa nifas bagi Ibu, perawatan tali pusar bayi dan jadwal imunisasi bagi Buah Hati.

Kepala Departemen Marketing dan Pelayanan Pelanggan RS “JIH” Seffudin Sudarmadi saat ditemui dalam keterangan persnya “Seperti diketahui dari berbagai sumber. Raden Ajeng Kartini wafat sesaat setelah melahirkan. Setelah melewati proses perjuangan menjadi seorang Ibu. Oleh sebab itu kami ingin mengapresiasi kepada Ibu yang melahirkan Buah Hatinya hari ini” . Rumah Sakit JIH yang salah satu center of excellence nya adalah pelayanan Poli Kebidanan & Kandungan dan Poli Anak yang terintegrasi ingin menegaskan pentingnya menjaga kesehatan Ibu dan Buah Hatinya, sejak dalam kandungan sampai melahirkan dan bertumbuh kembang kelak.

Rumah Sakit JIH juga ingin menguatkan posisinya sebagai rumah sakit sayang Ibu dan Anak dengan menghadirkan berbagai fasilitas layanan untuk menjaga kesehatan Ibu dan Anak seperti poli tumbuh kembang
anak, mamografi untuk pemeriksaan deteksi dini kanker payudara colposcopy untuk pemeriksaan deteksi dini kanker Rahim, USG 4D yang bagus untuk merekam dan mengamati gerak janin dan kondisi janin secara real time, selain itu mengetahui kondisi ibu termasuk beresiko dan ada kemungkinan penyimpangan kondisi janin yang abnormal, tindakan ini seringkali disarankan oleh dokter. RS “JIH” juga secara rutin melakukan edukasi-edukasi informatif kepada masyarakat terkhususnya untuk kesehatan ibu dan anak seperti Mother Class yang diadakan rutin setiap bulannya.

Diharapkan dengan layanan ini wanita – wanita Indonesia menjadi kartini-kartini masa kini yang cerdas dan sehat sehingga menghasilkan generasi penerus yang sehat dan cerdas pula.*ny


POLIKLINIK JIH TETAP BUKA SAAT LIBUR BESOK

  • 13 April 2017

Menjawab kebutuhan masyarakat akan kesehatan tentunya tidak akan pernah berhenti, selalu memberikan pelayanan yang baik, penanganan, dan solusi merupakan tanggung jawab Rumah Sakit “JIH” sebagai penyedia layanan kesehatan.


Bertepatan dengan tanggal merah yang jatuh besok, 14 April 2017, Rumah Sakit “JIH” akan tetap terus memberikan pelayanan baik yang meliputi rawat jalan poliklinik yang tetap buka seperti biasa :

1. Poliklinik Penyakit Dalam

2. Poliklinik Anak

3. Poliklinik Gigi & Mulut

4. Poliklinik Dokter Umum

5. Poliklinik Bedah

6. Poliklinik Saraf

7. Poliklinik Kejiwaan

8. Poliklinik Mata

Layanan 24 Jam juga disiapkan pada libur besok seperti Layanan Radiologi, UGD, Laboratorium 24 Jam dan Tim medis siap panggil 24 jam merupakan fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh Rumah Sakit “JIH”, memberikan alternatif pilihan jika terjadi keluhan atau kejadian emergency atau kegawatdaruratan di rumah atau di kantor. Ini merupakan bentuk dari konsistensi dan komitemen pelayanan kesehatan Rumah Sakit “JIH” dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

Demi kenyamanan layanan untuk melakukan appoitment dengan dr Ade silahkan menghubungi Call Center RS “JIH” di (0274) 446 3535 ext 115/ 237/ 100 atau (0811. 258. 3535/ 0811.253.5501 hanya menerima telepon) ext 115/ 237/ 100 pada jam kerja Senin - Minggu (07.00 - 21.00 WIB).Fasilitas dan layanan RS “JIH” silahkan kunjungi website www,rs-jih.co.id untuk mendapatkan informasi lengakap tentang layanan
dan fasilitas RS “JIH” atau dapat menghubungi Call Center RS “JIH” di (0274) 446 3535 ext 100/ 115/ 237. Nomor telepon Tim Medis Siap Panggil 24 Jam (0274) 446 3555.

Rumah Sakit “JIH” siap melayani kebutuhan kesehatan Anda. Selamat berlibur dan jaga selalu kesehatan keluarga bersama Rumah Sakit “JIH”. The Ultimate Value Health Care. *ny


Layanan Kritik dan Saran Via Mobile

  • 03 April 2017

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pasien dan pengunjung, Rumah Sakit JIH menghadirkan layanan informasi dan pengaduan terpadu. Untuk pasien dan pengunjung yang ingin menyampaikan kritik dan saran bisa melalui WhatsApp atau SMS ke nomor 08112823535. Ke nomor tersebut, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan, memberikan saran dan masukan dengan nyaman dan memperoleh kepastian mendapatkan tanggapan yang baik.

Kami berharap dengan adanya sarana ini, pasien dan pengunjung dapat memanfaatkannya dengan baik dan kami berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan yang ada di Rumah Sakit JIH. Terima kasih. Semoga bermanfaat.


ADAKAN DONOR DARAH RUTIN JIH KAMPANYEKAN HIDUP SEHAT

  • 30 March 2017

Rumah Sakit “JIH” kembali mengadakan donor darah rutin pada bulan Maret 2017 ini. Event yang memang sudah diagendakan setiap tahunnya ini bekerjasama dengan PMI Kota diselenggarakan tiap tiga bulanan tiap tahunnya. Tujuan diadakan event ini adalah kampanye hidup sehat dengan donor darah, selain itu dengan rutin donor darah setiap tiga bulan akan menyehatkan metabolisme tubuh dan memproduksi sel darah merah lebih
sehat. Sehingga mendapatkan banyak manfaatnya dan dapat berbagi dengan sesame melalui event tersebut.

Kali ini event donor darah Rumah Sakit “JIH” mengandeng Jogja Scrummy, bingkisan cake asal Jogja ini dibagikan langsung oleh Marketing Komunikasi Jogja Scrummy Nur Sugistiarini Fidia Ningsih saat acara berlangsung. Pendonor mendapatkan berbagai merchandise dari Rumah
Sakit “JIH” dan cake Jogja Scrummy. Event ini diadakan di Poli Utara Gedung Baru Rumah Sakit “JIH” pada hari Rabu kemarin (29/3). Donor Darah Sebagai Langkah Hidup Lebih Sehat.*ny


ANTUSIAS PASIEN & KELUARGA PASIEN JIH IKUTI MANNEQUIN CHALLENGE HAND HYGIENE

  • 30 March 2017

Kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan sesudah beraktivitas yang berhubungan dengan kuman ternyata belum maksimal. Direktur Utama RS “JIH” dr Mulyo Hartana, Sp.PD yang didampingi oleh team Pengendali & Pencegahan Infeksi (PPI) Rumah Sakit memberikan keterangan pressnya ‘Kesadaran masyarakat akan cuci tangan belum maksimal saat ini. Banyak yang mengabaikan pentingnya cuci tangan dengan benar. Ada yang
sudah aware dengan terbiasa cuci tangan, namun masih sekedar membasuh dengan air. Kebiasaan yang sederhana ini dapat menjadikan kita terhindar dari kuman penyakit dan penularan’. Kemarin (17/3) RS “JIH” melakukan edukasi dan deklarasi cuci tangan bersama lebih dari 120 orang pengunjung, keluarga pasien, dan pasien bersama 10 duta hand hygiene RS “JIH” yang tergabung dalam Unit Pengendali dan Pencegahan Infeksi Rumah Sakit bersama – sama melakukan edukasi dan sosialisasi enak langkah cuci tangan yang benar. Dalam sambutan pembukannya dr Mulyo menekankan untuk meningkatkan kebiasan cuci tangan yang benar baik di rumah maupun di rumah sakit harus dilakukan, berkomitmen untuk pencegahan infeksi dan kuman melalu hal yang paling mudah dilakukan yaitu cuci tangan.

Acara yang diselenggarakan di Poli Utara Gedung Baru RS “JIH” ini bertambah seru dengan penampilan mannequin challenge yang dilakukan serempak oleh peserta, manajemen rumah sakit, dan jajaran direksi sekaligus Direktur Utama yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Penutupan acara diakhiri dengan penandatangan komitmen bersama untuk melakukan cuci tangan oleh seluruh peserta sekaligus pembagian
flayering enam langkah cuci tangan yang dibagikan oleh Tim Pengendali dan Pencegahan Rumah Sakit. Acara edukasi dan sosialisasi cuci tangan kemarin juga mendukung HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang ke – 43 tahun dan mendukung gerakan perawat mendukung masyarakat sehat. *ny

.


LONG WEEKED, JIH SIAPKAN UGD

  • 27 March 2017

Layanan radiologi, emergency, tim medis siap panggil 24 jam, dan layanan ambulance disiapkan dalam masa liburan Hari Raya Nyepi besok yang jatuh pada tanggal 28 Maret 2017. RS “JIH” mensiagakan layanan 24 jam pada layanan Emergency Unit dan ambulance meski hari

Layanan poliklinik RS “JIH” besok, Rabu, 28 Maret 2017 pada hari libur nasional tidak buka dan akan kembali buka seperti biasa pada ke esokan harinya. Tim medis siap panggil 24 jam merupakan
fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh RS “JIH”, memberikan alternatif pilihan jika terjadi keluhan atau kejadian emergency atau kedaruratan di rumah atau di kantor. Ini merupakan bentuk dari konsistensi dan komitemen pelayanan kesehatan RS “JIH” dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan dapat menghubungi RS “JIH” di nomor 0274-446 3535 untuk layanan poliklinik atau 0274-446 3555 untuk Emergency Unit 24 Jam, ambulans, dan Tim Medis Siap Panggil 24 Jam. Kami siap melayani kebutuhan kesehatan Anda. Selamat berlibur dan jaga selalu kesehatan keluarga bersama RS “JIH”.


DONOR DARAH JIH AJAK HIDUP LEBIH SEHAT

  • 07 March 2017

Donor darah saat ini bisa dikatakan sebagai kegiatan amal yang bisa dilakukan dimanapun dan kapan saja. Event rutin yang digelar oleh Rumah Sakit “JIH” tiap tiga bulanan ini mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan donor darah, ‘beramal sekaligus juga bisa menyehatkan badan, ini adalah point tambahnya’ kata Dhien sapaan Kepala departemen Marketing & Pelayanan Pelanggan Rumah Sakit “JIH”

Ajakan donasi amal dengan donor darah ini bukan tanpa ada tujuan memberikan awareness kepada masyarakat jika mendonorkan darah merupakan langkah untuk hidup sehat, banyak manfaat donor darah sebagai berikut : menurunkan berat badan, membuat jantung lebih sehat, meningkatkan produksi sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, memperbarui sel darah baru.

Rumah Sakit “JIH” mengadakan kembali aksi donor darah dengan mengambil tema ‘Ayo Donor Darah, Setetes Darah Memberikan Sejuta Kehidupan”. Kegiatan ini akan diselenggaraan pada Rabu, 29 Maret 2017, jam 09.00 - 14.00 WIB, bertempat poli utara Gedung Baru Rumah Sakit
“JIH”. Jadikan donor darah sebagai gaya hidup lebih sehat. Rumah Sakit “JIH” The Ultimate Value Health Care.(*ny)


PREGNANCY CLUB, HADIRKAN LAYANAN BAGI IBU & BUAH HATI

  • 01 March 2017

Buah hati merupakan anugrah yang begitu berharga dan selalu dinanti kehadirannya ditengah-tengah kebahagian suami istri. Perencanaan seperti mempersiapkan kehamilan, program hamil, mempersiapkan masa-masa persalinan sampai dengan membesarkan hingga besar merupakan impian yang sudah dirancang sebaik-baiknya untuk masa depan sang buah hati kelak. Menanti kelahiran sang buah hati tercinta merupakah hal yang luar biasa dan menegangkan. RS “JIH” memberikan layanan Pregnancy Club yang bisa diikuti oleh para ibu yang akan melahirkan. Layanan Pregnancy Club RS “JIH” merupakan layanan baru untuk ibu yang melahirkan, memberikan kenyamanan dalam mempersiapkan persalinan seperti gratis senam hamil sebanyak 5X, setelah melahirkan agar asupan ASI untuk sang buah hati tetap baik maka sang ibu akan mendapatkan layanan gratis kelas laktasi (breast care) sebanyak 2X, dan setelah buah hati lahir akan mendapatkan gratis pijat bayi (baby massage) sebanyak 3X. Layanan ini dapat meminimalisir kecemasan yang tak jarang saat ini banyak dialami oleh Ibu hamil yang sudah merasakan tanda-tanda melahirkan.

Kemudahan layanan Pregnancy Club RS “JIH” dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  1. Konsultasikan terlebih dahulu kesehatan kehamilan dan tanyakan Hari Perkiraan Lahir (HPL) kepada dokter kandungan Anda.
  2. Setelah mengetahui HPL rencanakan kelahiran sang buah hati dengan program Pregnancy Club RS “JIH”.
  3. Pilihlah kamar sesuai dengan keinginan Anda mulai dari kamar rawat inap kelas III sampai dengan President Suite.
  4. Untuk peserta dengan mengambil Paket Melahirkan hanya berlaku dikelas I,II, dan III akan mendapatkan save 10%
  5. Anda dapat langsung melakukan reservasi kamar sesuai dengan keinginan dan membayarkan membership fee (uang keanggotan) Pregnancy Club Rumah Sakit “JIH” di Bagian Pendaftaran Poliklinik Timur Ibu dan Anak di Gedung A pada hari Senin – Minggu, jam 07.00 – 21.00 WIB.
  6. Setelah melakukan reservasi, Staf pendaftaran akan memberikan informasi terkait benefit atau manfaat program ini seperti Senam hamil, breast care saat ibu sudah melahirkan dan pijat bayi.
  7. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi Bagian Public Relations di nomor (0274) 446 3535 ext 544, Bagian Marketing di nomor (0274) 446 3535 ext 154/155 pada hari kerja Senin – Jumat jam 08.00 – 17.00 WIB, atau Call Center di nomor (0274) 446 3535 ext 100/115/ 237.

Layanan Pregnancy Club akan memberikan banyak manfaat bagi calon ibu dan ayah saat menanti kehadiran sang buah hati, untuk semakin mempersiapkan persalinan dengan nyaman, tenang, dan terencana. Rencanakan kehadiran sang buah hati. Rencanakan kehadiran buah hati Anda dengan Pregnancy Club Rumah Sakit “JIH”.


‘KIDS HOSPITAL TOUR’ RS “JIH” BERSAMA JOGJAKARTA COMMUNITY SCHOOL

  • 24 February 2017

Bertempat di lingkungan RS “JIH” pada Kamis (23/2) yang lalu RS “JIH” bersama siswa-siswi Play group dan SD kelas 1-2 Jogjakarta Community School melakukan hospital tour dan edukasi. Program Kids Hospital Tour RS “JIH” kali ini bersama dengan Play group dan SD Jogjakarta Community School, pertama Sahabat Kids JIH ini diperkenalkan dengan lingkungan RS “JIH” dari fasilitas seperti ruang radiologi seperti manfaat dan cara kerja CT-Scan dan USG, Emergency unit perkenalan pada ruang di UGD sahabat Kids JIH dapat melihat langsung ruang triase, ruang observasi, poliklinik Anak yang ada di poli timur gedung A RS “JIH” yang penuh dengan nuansa color full. Menarik dalam hospital tour kali ini adalah antusias kelas play group yang terlihat sangat excatited saat ditunjukan perlengakapan yang ada didalam ambulance dan salah satu anak mencoba dan interaksi tanya jawab pun juga banyak ditanyakan oleh peserta hospital kemarin.

Program Kids Hospital Tour ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi dan wawasan kepada Sahabat kecil JIH mengenai pentingnya menjaga kesehatan sejak dini serta memperkenalkan dan mejelaskan fungsi dari fasilitas – fasilitas yang berada di rumah sakit. Sahabat Sehat Sahabat JIH.


MATERNITY & PARENTING EDUCATION JIH

  • 13 February 2017

Mother Class Rumah Sakit “JIH” adalah upaya edukasi yang dilaksanakan oleh pasangan baru, ibu hamil, dan keluarga dengan memanfaatkan suatu pertemuan yang regular diadakan setiap bulannya. Tema yang diangkat setiap serinya pun berbeda-beda mulai dari perencanaan dan persiapan kehamilan, menjaga kesehatan ibu dan janin, kelahiran, sampai dengan kesehatan sang buah hati seperti alegi menjadi topic yang menarik setiap bulannya.

Kelas ini dibagi menjadi dua topik besar yaitu maternity dan parenting class, dengan narasumber para ahli ginekologi dan obstetry serta dokter anak yang sudah tidak asing lagi. Menariknya dalam kelas ini penyampaian materi para narasumber disampaikan secara praktis, to the point, interaktif dan easy going. Sehingga tidak terkesan seperti kelas yang formal dan meneggangkan, tidak hanya pdokter spesialis saja tetapi juga menghadirkan para praktisi seperti bidan dan fisioterapi. Seperti tema yang banyak menjadi perbincangan yaitu perawatan bayi baru lahir seperti cara memandikan yang benar, perawatan tali pusar bayi, posisi pemberian ASI yang benar,perawatan masa nifas, pijat bayi dan speech therapy.

Mother class ini selalu diadakan secara rutin setiap bulannya dengan seri yang berbeda dan didukung dengan narasumber yang ahli dalam bidannya. Kelas ini dapat diikuti oleh masyarakat umum dan free of charge. Mother Class :Hadirkan Yang Terbaik Untuk Buah Hati Anda. (ny*)


PHACOEMULSIFIKASI, BEBASKAN KATARAK

  • 17 January 2017

Katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Katarak juga dapat terjadi pada bayi dan anak-anak (katarak anak-anak), meski kemungkinannya sangat kecil. Penyakit ini umumnya ditemukan pada orang-orang lanjut usia dan dikenal sebagai katarak manula. Katarak berlangsung secara perlahan-lahan sehingga dapat menyebabkan kegilangan penglihatan dan jika tidak ditangani secara serius akan menyebabkan
penebalan katarak. Para penderita katarak tidak menyebabkan rasa sakit atau iritasi. Penderita biasanya akan mengalami penglihatan yang kabur. Kemudian akan muncul bintik atau bercak putih keruh saat penglihatannya kurang jelas. Phacoemulsifikasi merupakan solusi bagi para penderita katarak saat ini, tanpa sayatan lebar sehingga menjadikan waktu operasi lebih cepat, mudah, dan aman tanpa jahitan.

RS “JIH” kini menghadirkan layanan operasi katarak modern dengan teknologi operasi Phacoemulsifikasi. Operasi katarak dengan Phaco bisa dilakukan sejak dini tanpa menunggu katarak menjadi lebih matang. Setelah operasi katarak dengan Phaco pasien tidak perlu rawat inap namun cukup rawat jalan, operasi dengan Phaco ini juga sangat minim sayatan, sehingga sangat aman. Pasien dapat melakukan pemeriksaan awal dengan berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter Spesialis Mata, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan pada pasien. Kemudian dilakukan perjanjian tindakan operasi.

Layanan ini dapat menjadi referensi bagi para penderita katarak untuk dapat lebih dini memeriksakan dan mengatasi katarak, dan kembali memiliki penglihatan seperti semula. RS “JIH” The Ultimate Value Health Care.


POLIKLINIK RS “JIH”  TETAP BUKA PADA LIBUR TAHUN BARU

  • 30 December 2016

Menyambut tahun baru 2017 yang tinggal menghitung hari kedepan memberikan nuansa dan semangat baru untuk revolusi yang semakin baik. Memberikan pelayanan bagi masyarakat tidak ada istilah libur, Rumah Sakit JIH tetap buka seperti pada hari-hari biasa. Pelayanan poliklinik, radiologi, emergency, tim medis siap panggil 24 jam, dan layanan ambulance tetap siap membantu dan melayani masyarakat. Kami siap 24 jam pada layanan Emergency Unit dan ambulance meski hari libur nasional maupun hari libur biasa. Pada tanggal 1 Januari 2017 layanan fisioterapi libur dan akan kembali melayani seperti biasapada tanggal 2 Januari 2017. Pelayanan poliklinik RS JIH siap melayani mulai pukul 07.00-21.00 WIB, demi kenyamanan, informasi, dan pelayanan yang baik, Anda dan keluarga dapat membuat appointment terlebih dahulu. Tim medis siap panggil 24 jam merupakan fasilitas dan pelayanan baru yang ditawarkan oleh RS JIH, yang memberikan alternatif pilihan jika terjadi keluhan atau kejadian emergency atau kedaruratan di rumah atau di kantor. Ini merupakan bentuk dari konsistensi dan komitemen pelayanan kesehatan RS JIH dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan dapat menghubungi RS JIH di nomor 0274-446 3535 untuk layanan poliklinik atau 0274-446 3555 untuk Emergency Unit 24 Jam, ambulans, dan Tim Medis Siap Panggil 24 Jam. Kami siap melayani kebutuhan kesehatan Anda.


PENTINGNYA, DETEKSI DINI ALERGI PADA BAYI

  • 26 December 2016

PENTINGNYA, DETEKI DINI ALERGI PADA BAYI

Oleh Seffudin Sudarmadi, S. Kom., MBA/ Kepala Department Marketing & Pelayanan Pelanggan RS JIH


PENYAKIT alergi dapat merugikan tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu,deteksi dini penyebab alergi pada anak atau bayi, penting dilakukan agar

segera dapat diupayakan pencegahannya.

Dokter Spesialis Anak konsultan imunologi anak Rumah Sakit “JIH” dr Cahya Dewi Satria SpA MKes mengatakan,jenis-jenis penyakit alergi adalah alergi makanan, dermatitisatopi, asma dan rhinitis alergi.

Alergi dapat disebabkan karena makanan atau juga hirupan seperti kutu debu rumah atau bulu binatang. Keluhannya bisa eksim, batuk, pilek, demam yang cukup lama (kronik) atau sering berulang. “Perlu dilacak apakah ada riwayat keluarga yang juga alergi atau dengan tes alergi,” terang Cahya dalam acara Mother Class di Auditorium RS JIH Yogyakarta, Sabtu (24/12/2016). Tes alergi yang direkomendasikan adalah SPT, IgE spesifik, uji eliminasi dan provokasi.

Pencegahan penyakit alergi pada anak, menurut Cahya, bisa dilakukan dengan penentuan risiko alergi melalui identifikasi penyakit alergi pada kedua orangtua maupun saudara kandung. Kemudian penghindaran asap rokok saat kehamilan maupun sesudah kelahiran, serta pemberian ASI eksklusif hingga 6 bulan.

Pemberian ASI eksklusif sangat direkomendaikan untuk pencegahan penyakit alergi. Sedangkan pada bayi yang tidak memungkinkan diberi ASI direkomendasikan pemberian formula hidroliat parsial atau ekstensif sampai usia 4-6 bulan. “Namun perlu dipahami bahwa formula hidrolisat tidak dapat menggantikan ASI sebagai pilihan nutrisi pertama pada bayi,” katanya.

Kepala Departemen Marketing dan Pelayanan Pelanggan RS JIH Saeffudin Sudarmadi S mengatakan, RS JIH menghadirkan mother class setiap bulan untuk memberi innformasi terkini mengenai kesehatan ibu dan anak. Sehingga menumbuhkan kesadaran akan kesehatan dan menjadikan kesehatan sebagai kebutuhan hidup serta mengingkatkan healthy life style.


FUNWALK, AYO INDONESIA LAWAN DIABETES

  • 18 December 2016

FUNWALK, AYO INDONESIA LAWAN DIABETES

Oleh : Seffudin Sudarmadi, S. Kom., MBA/ Kepala Department Marketing & Pelayanan Pelanggan RS JIH

Diabetes militus (DM) merupakan momok terbesar bagi banyak orang, banyak faktor resiko terjadinya diabetes militus salah satunya adalah life style atau gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang berolahraga. Menjadi menakutkan karena Diabetes dapat menyebabkan timbulnya turunan penyakit lain, mulai dari gangguan penglihatan, gagal ginjal sampai stroke. Dalam rangkaian hari Diabetes Dunia dan Milad RS JIH ke 10 tahun berkerjasama dengan Diabetasol menyelenggarakan funwalk dan senam healthy fun yang diselenggarakan di parkiran RS JIH, pada minggu lalu (18/12). Peserta meningkat antusiasnya saat talkshow yang hadir disela-sela acara dengan tema ‘Ayo, Indonesia Lawan Diabetes!’ dalam talkshow ini mengajak masyarakat untuk mengetahui diabetes dan cara mencegah diabetes militus yang langsung disampaikan oleh dokter Spesialis penyakit Dalam RS JIH dr Moch Khalimur Rouf, Sp. PD

Event yang dihadiri lebih dari 1600 orang ini berbalut semangat sehat, dibuka oleh sambutan Direktur Utama RS JIH dr Mulyo Hartana, Sp. PD yang sekaligus membuka gate funwalk didampingi Brand Head Diabetasol Kalbe Nutritional Regional Yogyakarta Anang Budi Sulistyo. Ditemui dalam sela-sela acara yang berlangsung dr Mulyo Hartana, Sp.PD mengungkapkan bahwa event besar ini hasil kerjasama RS
JIH dengan Diabetasol hari ini ingin mengajak masyarakat lebih hidup aktif dan merubah Life Style lebih sehat, dan menjadikan kesehatan sebagai dari bagian kebutuhan. Event ini merupakan bagian dari komitmen RS JIH dan Kalbe Nutritional terhadap kesehatan masyarakat. Sedasawarsa Dalam Melayani Masyarakat akan menjadi semangat untuk lebih memberikan pelayanan prima.


SEDASAWARSA MELAYANI, MANTAPKAN LAYANAN

  • 15 December 2016

Bisnis pelayanan kesehatan berbasis syariah kini mulai berkembang di Indonesia. Tak hanya yang berkaitan dengan sistem keuangannya saja, tata kelola fisik mulai dari pembangunan gedung, pengelolaan gizi, penggunaan obat- obatan, hingga pelayanan lainnya seperti hubungan dokter dan pasien sesuai syariat Islam.

Guna memperdalam sistem layanan berbasis syariah ini lebih jauh, RS “JIH” menggelar seminar nasional bertajuk “Pengelolaan Rumah Sakit Berbasis Syariah”, Sabtu (10/12) kemarin di Auditorium lantai 5. Kegiatan yang digelar sebagai bagian dari perayaan ulang tahun RS “JIH” yang ke-10 ini, diikuti 120 peserta dari berbagai rumah sakit di Indonesia.

Direktur Utama RS “JIH” dr. Mulyo Hartana mengatakan, diusianya yang ke-10 tahun ini, pihaknya ingin menyempurnakan konsep rumah sakit yang modern yang berbasis syariah. Ini merupakan amanat dari visi dan misi pendirian RS “JIH” yang salah satunya implementasikan nilai-nilai ajaran islam kedalam sistem pelayananannya.

”Meski tidak selalu mencantumkan label syariah, kami siap menerapkan seluruh pelayanan mendasarkan pada konsep ajaran Islam. Ini amanat dari tujuan pendirian rumah sakit ini untuk memperoleh rahmat dan mengacu pada konsep rahmatan lil’alamin,” terangnya.

Dalam seminar, ini dihadirkan para pembicara yang kompeten dibidang syariah. Seperti Hamdan Bin Ibrahim Pengelola RS Pusrawi Malaysia, dr. Dede Setiapriagung (RS Al- Islam Bandung) yang memberikan materi tentang Pelayan Medis Berbasis Syariah, Prof. Dr. Achmad Mursidi (Fakultas Farmasi UGM) dengan materi Pengelola Perbekalan RS Berbasis Syariah, dan DR. A. Riawan Amin (Mantan Direktur Bank Muamalat) dengan materi Peluang Industri Syariah di Indonesia.

“Diusia yang ke-10 tahun ini, kami ingin terus memberikan pelayanan terbaik kepada pasien sesuai syariat islam. Tak hanya seputar manajemen keuangan tetapi juga pelayanan medis, gizi, dan penambahan fasilitas ibadah sesuai syariat islam,” ujarnya.

dr. Mulyo menyebutkan, keinginan RS “JIH” menerapkan sistem syariah sebenarnya sudah sejak lama. Namun karena pengelolaan sistem tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan, dia mengaku masih banyak hal yang harus dipelajari dan disempurnakan. ”Karena sampai saat
ini belum standar baku konsep pengelolaan dan layanan rumah sakit dengan konsep syariah,” terangnya.

Oleh sebab itu, pihak manajemen pun memutuskan melakukannya secara bertahap. Diawali dengan pengelolaan gizi secara halal, fasilitas kamar hingga standar layanan kepada pasien terlebih dahulu. ”Untuk makanan kita sudah mendapat sertifikasi dari
Majelis Ulama Indonesia (MUI) di tahun 2015 lalu. Standarnya mulai dari proses pemilihan bahan baku, penggunaan suplier yang tepat, hingga proses penyajiannya sudah dicek oleh MUI,” jelasnya.

Selain pengelolaan gizi, beberapa system layanan yang dalam proses meliputi hubungan dokter dan pasien, pemilihan obat-obatan yang bersertifikasi halal, metode keuangan yang transparan dan penyedian tempat ibadah (mushola, Red) disetiap lantainya.

“Inti dari sistem syariah ini adalah sesuai dengan ajaran Islam. Maka segala sesuatu yang merujuk pada ajaran yang ada di Al- Quran, Hadist dan sumber hukum lainnya. Apa yang dibolehkan dan apa yang tidak menjadi kunci penting dari ajaran ini,” kata dr. Dede Setiapriagung.

Hamdan Bin Ibrahim menambahkan, dirumah sakit tempatnya bekerja, sistem syariah tersebut diaplikasikan dalam berbagai pelayanan kesehatan. Mulai dari bimbingan kerohanian untuk pasien sebelum ataupun seduah menjalankan operasi, ibadah khusus bagi ibu pasca melahirkan dan juga nifas, pengelolaan jenazah, membaca yasin dan Al- Quran setiap bulannya, hingga penyediaan fasilitas ibadah seperti masjid. ”Kita sesuaikan dengan landasan tuntunan yang diajarkan oleh ajaran Islam,” terangnya.

Ketua Dewan Pengawas Rumah Sakit “JIH” Herry Zudianto SE menambahkan selain sistem syariah, berbagai inovasi lainnya turut dihadirkan untuk mendukung konsep rumah sakit modern”. Diantaranya layanan penyakit jantung kateterisasi seperti Cath Lab dan Trans Arterial Chemotherapy Embolism (TACE), terobosan baru didunia medical check up yakni Healthy Life Center (HLC), layanan hiperbarik, dan juga radioterapi untuk pasien kanker.
”Untuk layanan HLC, orang bisa tahu usia dan kondisi organ tubuhnya. Jadi bisa ketahuan sejak dini dan bisa dihindari terjadinya penuaan dini,”
terangnya.

Di 2017 mendatang, RS “JIH” rencananya juga akan memperkuat layanan ibu dan anak . Nantinya poli anak akan dibukaselama 24 jam non stop. Sebanyak sembilan dokter spesialis anak akan kami siapkan. Baik di UGD ataupun di poliklinik.

Selain itu, menginjak usia ke-10 ini, saat ini lebih dari 150 dokter dimiliki RS “JIH”, 220 kamar dengan 108 kamar kualitas premium telah disiapkan. Selain itu 40 poliklinik dan laboratorium fisioterapi juga sudah tersedia.

“Dari tahun ke tahun animo masyarakat terhadap rumah sakit ini terus meningkat. Hal ini terlihat dari kunjungan rawat jalan, rawat inap, dan penggunaan fasilitas lainnya naik20 persen dari tahun sebelumnya. Pasien yang datang pun tak lagi dari Jogjakarta tetapi dari berbagai daerah di Indonesia,” imbuh dr. Mulyo Hartana. (*/met/sam)


DIDUKUNG TIM TERLATIH DAN BERKOMPETENSI TINGGI

  • 10 November 2016

LAYANAN KATETRISASI JANTUNG (CATH LAB) HADIR DI RS “JIH”


Memberikan pelayanan-pelayanan kesehatan dengan tehnologi mutakhir yang dikemas secara premium adalah ciri khas pelayanan di Rumah Sakit “JIH” . Untuk itu Rumah Sakit “JIH” segera menghadirkan Catheterization Laboratory (Cath Lab) yang premium. Di Yogyakarta telah ada beberapa layanan Catheterization Laboratory (Cath Lab), dirumah sakit2 besar. Pelayanan ini selain membutuhkan peralatan medik yang mahal dan bertehnologi tinggi, juga membutuhkan Tim Sumber Daya Manusia yang memiliki berkompetensi tinggi, terlatih dan berpengalaman.

Disampaikan oleh dr. Mulyo Hartana,Sp.PD, Direktur Rumah Sakit “JIH” bahwa keunggulan kateterisasi jantung ini adalah untuk melakukan diagnosis dan perbaikan pembuluh darah jantung tanpa operasi atau dikenal dengan istilah intervensi jantung non bedah.Sebagai contoh catheterisasi jantung dikerjakan pada kasus penyempitan pembuluh darah koroner akibat penumpukan plak di dinding pembuluh koroner yang sering dinamakan sebagai penyakit jantung koroner dimana terjadi atherosklerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah koroner di
jantung) yang dapat mengganggu aliran darah di pembuluh tersebut. Untuk kelainan ini dapat dilakukan pelebaran diameter pembuluh darah koroner sebagai koreksi dengan menggunakan cathlab ini. Prosedur ini dikenal sebagai PCI (Percutaneous Coronary Intervension). Di sini digunakan balon atau stent coroner untuk mempertahankan dan melebarkan pembuluh darah sehingga alirannyamenjadi lancar kembali.

Cathlab ini juga dapat digunakan untuk dilatasi / pelebaran katub jantung pada penanganan kasus penyempitan katub jantung akibat penyakit jantung rematik. Beberapa kasus kebocoran sekat / dinding jantung dapat diatasi dengan Cathlab ini. Alat ini juga digunakan untuk memasang alat pacu jantungbagi penderita gangguan listrik jantung.

Layanan ini kedepannya menjadi salah satu layanan yang diunggulkan RS “JIH”, disamping dihadirkan dalam upaya memaksimalkan pelayanan jantung yang pasiennya meningkat dari waktu ke waktu. Layanan Cathlab Rumah Sakit “JIH” didukung Tim Dokter Spesialis Jantung dan pembuluh darah yang sangat berpengalaman yakni dr.Nahar Taufik,Sp.JP(K), dr. Erika maharani,Sp.JP(K), dr. Ima Ansari Kusuma,Sp.JP dan dr. Noormanto,Sp.A(K) (Spesialis Jantung Anak).

Ditambahkan oleh dr. Mulyo Hartana,Sp.PD, bahwa alat Cathlab yang dimiliki Rumah Sakit initermasuk yang canggih, karena disamping untuk kateterisasi jantung juga bisa dipakai untuk tindakan pengobatan lainnya yakni TACI dan TACE. TACI (Trans Arterial Chemo Infusion) merupakan tindakan di mana memasukkan obat kemoterapi (obat kanker) ke dalam pembuluh darah yang memberi makan sel tumor, bisa sekaligus dengan atau tanpa zat penyumbat, sedangkan TACE (Trans Arterial Chemo Embolization) adalah tindakan untuk menututp atau menyumbat pembuluh darah pemberi makan nutrisi sel tumor. Kelebihan dari terapi ini biasanya langsung terarah dan mematikan sel kankernya saja, tidak mengenai sel yang sehat.

Pelayanan Cathlab di Rumah Sakit “JIH” sangat mengutamakan prosedur keselamatan pasien (Patient Safety) sebagai jaminan keamanan bagi pasien dan petugas yang mengerjakannya, juga disajikan dengan pelayanan yang prima, excellent
dan premium, tegas dr. Mulyo Hartana,Sp.PD.


Narasumber : Direktur Utama RS “JIH” - dr Mulyo Hartana, Sp.PD


SEDASAWARSA JIH MELAYANI MASYARAKAT

  • 09 November 2016

Rumah Sakit “JIH”sudah memasuki usia satu dasawarsa, pada 12 Rabiulawal yang jatuh pada 12 Desember 2016 ini, berbagai penghargaan dan pengakuan berhasil diraih Rumah Sakit “JIH” seperti The Champion Of Jogja Service Excellence Award untuk Category: Private Hospital (>200 Beds) tahun 2013 dari MarkPlus Insight Marketing, masih pada tahun yang sama The Best Ten case Management Periode 2011 – 2012 dari BCA, kembali meraih penghargaan dari MarkPlus Insight diterima oleh Direktur Utama dr Mulyo Hartana, Sp.PD yaitu Marketeers of The Year tahun 2015, tahun 2015 Rumah Sakit “JIH” mendapatkan penghargaan pertama kali untuk kategori dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) DIY untuk Menu dan Makanan Rumah Sakit / Pasien, masih di tahun yang sama kembali mendapatkan penghargaan The Champion of Yogya WOW Service Exxelent Award category : General Hospital (B-Class) dan di tahun 2016 meraih penghargaan sebagai The Best Hospital For Most Accomplised Claim Submission oleh Asuransi BNI Life.

‘Beberapa serangkaian acara pada Milad ke 10 ini akan diselenggarakan seminar berskala nasional mengenai Pengelolaan Manajemen Rumah Sakit Syariah. Seminar yang rencananya akan diselenggarakan pada 10 Desember 2016 dapat diikuti oleh rumah sakit seluruh indonesia, pembicara dan topik seminar dan reservasi dapat secara lengkap dibaca di seminar.rs-jih.co.id’ ujar Ketua penyelenggara seminar dr Sigit Riyarto,M.Kes

Direktur Medik dan Keperawatan RS “JIH” dr Sigit menambahkan untuk menambah semarak, antusias dan juga meningkatkan semangat kebersamaan berbagai kegiatan berupa lomba-lomba yang diikuti oleh karyawan dan outsorcing juga dihadirkan seperti hand hygine dance competition, lomba penanganan evakuasi pasien, lomba Resusitasi Jantung Paru (RJP), lomba kebersihan, lomba olahraga : Volley geper, tenis meja, lomba etika komunikasi telepon, cerdas cermat, dan JIH got talent. Terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan kepercayaan kepada RS “JIH” sebagai pilihan pelayanan dan fasilitas kesehatan keluarga, harapan untuk menghadirkan pelayanan prima akan selalu menjadi motivasi utama bagi RS “JIH”.